Perawatan Kucing

10 Ciri-ciri Tanda Kucing Mau Melahirkan Anaknya

Seperti apa ciri-ciri kucing mau melahirkan? Dan apa saja tanda kucing mau melahirkan? Hal tersebut seringkali menjadi pertanyaan besar bagi pemilik kucing betina yang sedang hamil besar. Pasti ada perasaan yang tidak sabar menanti kehadiran anak-anak kucing yang lucu menjelang kehamilan si kucing. Terlebih lagi kalau kucing yang dipelihara merupakan kucing ras seperti persia atau anggora. Dimana ketika melahirkan, jenis kucing tersebut memang tidak se-mandiri kucing domestik atau kucing kampung yang cenderung memiliki naluri tajam.

Meskipun kucing cenderung bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia, tapi tidak ada salahnya jika Anda memantau kucing kesayangan Anda ketika sedang melahirkan. Yaitu dengan cara mengetahui ciri-ciri tanda kucing mau melahirkan. Karena jika Anda mengetahuinya, Anda bisa memberikan yang terbaik untuk kucing betina Anda ketika sedang melahirkan. Seperti tempat yang nyaman, atau juga perhatian yang lebih.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini, perawatan kucing akan mencoba memberikan informasi mengenai ciri-ciri tanda kucing mau melahirkan. Namun sebelumnya, Anda juga harus mengetahui masa kehamilan kucing. Untuk informasi masa kehamilan kucing, Anda bisa membaca artikel sebelumnya Lama Masa Kehamilan Kucing.

Ciri-ciri Tanda Kucing Mau Melahirkan

1. Mencari Tempat untuk Melahirkan

Ciri-ciri kucing mau melahirkan yang pertama, adalah kucing akan terlihat sedikit lebih gelisah dan menelusuri setiap sudut-sudut rumah. Prilaku kucing yang berbeda dari biasanya tersebut, dikarenakan kucing sedang mencarfi tempat yang nyaman dan aman untuk melahirkan nanti. Tempat yang akan dipilih si calon induk kucing memang cenderung akan lebih tersembunyi, seperti kolong meja dan lemari, gudang, atau bisa juga atap rumah. Hal tersebut memang bertujuan agar induk merasa aman ketika anaknya lahir nanti terhindar dari predator-predator yang membahayakan anak.

Jadi jika Anda menemukan kucing yang sedang hamil besar tidak diam dan kesana kemari, hampir bisa dipastikan kucing Anda akan melahirkan dalam hitungan hari lagi. Jadi sebagai pemilik sebaiknya bantu persiapkan tempat yang aman dan nyaman untuk kucing melahirkan dengan tenang.

2. Tidur Dalam Jangka Waktu yang Lama

Meskipun kucing yang mau  melahirkan akan sedikit gelisah karena sedang mencari tampat, namun ternyata tanda kucing mau melahirkan lainnya adalah kucing akan sering tidur bahkan tidur dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya. Bahkan ada indukan kucing yang sedang hamil besar tidur hingga 20 jam lamanya sebelum melahirkan.

Hal tersebut dipercaya sebagai cara kucing untuk mempersiapkan fisiknya ketika proses melahirkan nanti. Karena tentu ketika proses melahirkan, indukan kucing akan mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk mengeluarkan anak-anaknya di dalam perut.

3. Mengeong Terus Menerus

Kuccing betina yang mengeong terus menerus, biasanya karena kucing betina sedang birahi dan mencari pejantan. Namun kucing yang sedang hamil, tentu tidak akan mengalami siklus birahi. Jadi jika kucing yang sedang hamil besar mengeong terus menerus, bisa jadi merupakan ciri-ciri tanda kucing mau melahirka loh!

4. Nafsu Makan yang Berkurang

Ketika hamil, kucing betina biasanya akan mengalmai peningkatan nafsu makan dibandingkan sebelumnya. Namun berbeda jika kucing sudah hamil besar dan mendekati masa kelahiran, yang biasanya kucing malah akan mengalami penurunan nafsu makan. Penurunan nafsu makan tersebut, disebut-sebut karena kucing sedang konsentrasi penuh ke proses kelahiran nantinya.

5. Kucing Semakin Sulit Bergerak

Kucing yang mau melahirkan perutnya akan semakin membesar. Oleh karena itu, kucing akan kesulitan untuk beraktifitas dan cendeurng kesulitan untuk bergerak. Jangankan untuk berjalan, untuk berdiri pun kucing akan mengalami kesulitan.

Tanda Kucing Mau Melahirkan Sulit Bergerak

Tanda Kucing Mau Melahirkan Sulit Bergerak

6. Keluar Cairan dari Kelenjar Susu

Ciri-ciri kucing mau melahirkan lainnya, adalah keluarnya cairan yang dinamakan cairan kolostrum dari kelenjar susu. Cairan kolostrum tersebut berwarna sedikit kuning. Dan biasanya jika cairan tersbeut sudah keluar, kucing Anda akan melahirkan dalam kurun waktu seminggu lagi.

7. Air Ketuban Pecah

Jika kucing Anda mengeluarkan cairan berwarna kuning seperti air kencing, bisa jadi itu merupakan cairan ketuban yang sudah pecah. Air ketuban yang sudah pecah tersebut, menandai kalau sebentar lagi kucing Anda akan melahirkan. Jadi sebaiknya persiapkan dengan baik tempat yang nyaman dan aman untuk kucing yang sebentar lagi akan melahirkan tersebut.

8. Kucing Sering Menjilati Tubuhnya

Selainkesaa kemari dantidur terus menerus, prilaku yang menandakan kucing mau melahirkan lainnya adalah kucing akan semakin sering menjilati tubuhnya. Banyak yang mengatakan proses menjilati tubuh menjelang kucing melahirkan tersebut, dikarenakan itu merupakan proses alami yang dilakukan kucing untuk mencoba mengeluarkan hormon agar proses melahirkan menjadi lebih mudah.

Artikel Menarik Lainnya Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

9. Suhu Tubuh Kucing Menurun

Masa kehamilan kucng yang akan segera melahirkan, kucing akan mengalami penurunan suhu tubuh. Penuruanan suhu tubuh tersebut, biasanya kucing akan segera melahirkan dalam kurun waktu 12 jam hingga 24 jam kedepan. Jadi sebaiknya Anda sering mengecek suhu tubuh kucing ketika sedang hamil besar.

Untuk suhu tubuh kucing yang akan melahirkan sendiri, yaitu 37-38 derajat celcius. Sedikit lebih rendah dibandingkan suhu tubuh kucing normal yang berada pada kisaran 38-39,2 derajat celcius.

10. Sulit Bernafas dan Jantung Berdetak Kencang

Kucing yang mau melahirkan, akan terlihat kesulitan untuk bernafas atau nafasnya terengah-engah. Selain itu, denyut jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Ciri-ciri kucing mau melahirkan tersebut, menandakan kalau kucing sedang mengalami kontraksi, yaitu posisi janin kucing di dalam rahim berpindah ke mulut rahim. Masa kontraksi kucing ini, bisa terjadi sekitar 12 jam sebelum masa kelahiran.

Bagaimana Kucing Setalah Melahirkan?

Setelah kucing melahirkan dan anak kucing lahir dengan selamat, induk kucing akan secara alami membersihkan sisa plasenta pada si anak. Namun jika sisa plasenta itu tidak terlalu bersih, Anda bisa membantu induk untuk membersihakan sisa plasenta dan memotong ari-arinya. Namun pastikan dalam membersihkan anak kucing, Anda menggunakan sarung tangan. Karena jika Anda tidak menggunakan sarung tangan, bau manusia akan menempel pada anak kucing. Dan dipercaya, anak kucing yang memiliki bau manusia tidak akan diurus oleh induknya.

Kucing Setelah Melahirkan Menyusui Anaknya

Kucing Setelah Melahirkan Menyusui Anaknya

Jika Induk kucing melahirkan anak-anaknya di tempat-tempat yang berbeda, Anda juga harus membantu untuk memindahkan anaknya ke dekat induknya. Gara induk kucing lebih mudah untuk merawat dan mengurus semua anaknya yang lahir.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, adalah memberikan asupan nutrisi yang bagus serta air yang cukup untuk si induk ketika sudah melahirkan. Hal tersebut bertujuan agar air susu yang dikeluarkan oleh induk kucing bagus, dan anak kucing yang menyusui pun akan tumbuh lebih sehat.

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Hamil yang Harus Anda Ketahui

Demikian adalah ciri-ciri tanda kucing mau melahirkan yang sudah perawatan kucing sajikan secara lengkap di atas. Terima kasih dan semoga  bermanfaat.

Term: kucing melahirkan

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.