Penyakit Kucing

Penyakit Scabies dan Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing

Penyakit Scabies dan Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing – Salah satu penyakit kulit kucing yang bisa dikategorikan berbahaya dan menjadi momok kebanyak pemilik kucing adalah penyakit scabies. Namun meskipun scabies pada kucing cukup berhaya. namun ada cara mengobati scabies pada kucing. Lalu sebenarnya apa itu scabies, dan penyebab kucing scabies? Berikut akan perawatan kucing sajikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Penyakit Scabies Pada Kucing

1. Apa itu Scabies?

Scabies atau yang dikenal juga kucdis pada kucing, merupakan penyakit kulit yang disebankan oleh tunggau (mite) Sarcoptes scabiei. Scabies ini dapat menyebabkan keropeng, kebotakan, dan kegatalan pada kulit si penderitanya.

Penyakit Scabies dan Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing

Parasit atau kutu bernama sarcoptes scabiei, memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 0.2 mm hingga 0.4 mm. Dan dia berbentuk bulat, endek, dan pipih.
Tidak hanya kucing, scabies juga bisa menyerang hewan lain seperti anjing dan kelinci. Bahkan, scabies ini juga dapat menular ke manusia. Hal inilah yang tentu menjadi momok kebanyakan pemilik kucing, dimana kucing scabies dapat menularkannya ke si pemilik.

2. Penyebab Scabies Pada Kucing

Tentu yang harus Anda ketahui adalah penyebab penyakit scabies pada kucing. Perlu Anda ketahui, penularan penyakit scabies memang cukup sederhana, yaitu dikarenakan adanaya interaksi kucing dengan hwan lain yang terkena scabies. Bahkan banyak yang mengatakan manusia yang sering berinteraksi dengan hewan seperti kucing yang terkena scabies, juga beresiko tertular scabies.

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies

Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing

1. Minyak VCO

Cara mengobati scabies pada kucing yang belum terlal parah, Anda bisa emnggunagakn minyak VCO yang dapat dibeli di apotek tertetu. Salah satu kelebihan minyak VCO selain untuk mengobati scabies, adalah minyak ini cukup aman digunakan pada kucing yang sedang hamil. Berbeda dnegan obat-obatan pada umumnya, yang biasanya akan berbahaya digunakan untuk kucing yang sedang hamil.

Cara mengobati scabies dengan VCO ini juga tergolong mudah, yaitu hanya dengan menoleskan minyak VCO ke bagian tubuh kucing yang terkena scabies. Perlu diketahui, minyak VCO ini hampir tidak memiliki efek samping. Tidak terkecuali untuk kucing hamil dan kucing yang sedang menyusui

2. Salep Khusus

Adapula cara lainnya untuk mengobati kucing scabies, yaitu dengan menggunakan salep khusus. Pastikan salep yang digunakan berbahan deram tecg, petrolatum, permethrin, gamexane, dan triamcolone. Bahan dasar tersebut dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan scabies pada kucing.

3. Suntik Scabies

Jika 2 cara di atas belum berhasil untuk mengobati kucing scabies, Anda bisa mencoba memberikan suntik scabies pada kucing kesayangan Anda. Biasanya jika Anda membawa kucing ke dokter hewan, dokter hewan akan memberikan suntikan scabies untuk membunuh tungau pada kucing.

Penyakit Scabies dan Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing

Suntik scabies ini juga terbagi dari berbagai jenis, yaitu doramectin, selamectin, dan ivermectin. Tentu jenis suntuk scabies apa yang ingin digunakan, tergantung rekomendasi dari dokter hewan yang menangani kucing Anda. Namun pada umunya, suntik scabies yang efektif dilakukan setiap 1 minggu 1x.

Suntik scabies ini, bisa dibilang menjadi pengobatan scabies paling praktis yang bisa dilakukan. Namun tentu Anda harus merogoh kocek sedikit lebih besar untuk melakukan suntuik scabies. Karena harga suntik scabies berkisar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk sekali suntik. Harga suntuk scabies akan berbeda-beda tergantungg tempat Anda melakukan suntik scabies untuk kucing Anda.

Baca Juga Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Cara Mencegah Penyakit Scabies

Mencegah lebih baik daripada mengoobatu, itulah pepatah yang seringkali kita dengar. Nah jika Anda memiliki kucing yang tidak terkena scabies, tidak ada salahnya Anda memberikan pencegahan untuk kucing Anda teresbut.

1. Pisahkan Kucing yang Terkena Scabies

Jika Anda memiliki lebih dari 1 kucing dan salah satunya terkena scabies, sebaiknya pisahkan kucing tersbeut agar tidak tertular. Bagusnya karantina di tempat yang berbeda kucing yang terkena scabies, hingga proses penyembuhannya berhasil total. Karena perlu diketahui, penularan scabies pada kucing, pada umunya dikarenakan kontak langsung dengan hewan lain yang terkena scabies.

2. Mandikan Kucing Secara Rutin

Mandikan kucing Anda secara rutin menggunakan shampo kucing, minimal 1 minggu sekali. Sesekali, mandikan juga kucing menggunakan shampo khusus kutu dan jamur. Pastikan setelah mandi kucing dikeringkan hingga benar-benar kering.

3. Jemur Kucing

Menjemur kucing di bawah terik matahari, bisa mengurangi resiko dan menghentikan siklus scabies. Idealnya matahari yang bagus untuk kucing berjemur, adalah matahari pagi.

Baca Juga Mengenal Toxoplasma dan Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan Kucing

Menjaga kebersihan lingkungan kucing tinggal menjadi cara paling efektif untuk mencegah kucing terkena scabies. Dalam periode tertentu, Anda juga bisa mengadakan disinfektan rumah dengan bahan anti septik

5. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

Hindari ontak langsung kucing Anda dengan hewan-hewan liar. Atau minimalisir masuknya hewan liar yang tidak terawat ke dalam rumah, seperti kucing dan anjing liar. Karena disinyalir, hewan tersebutlah yang menjadi sumber atau pembawa scabies.

Demikian adaah pembahasan singkat mengenai penyakt scabies pada kucing, penyebab penyakit scabies, dan juga cara mengobati scabies pada kucing. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang senantiasa menjaga kesehatan kucing Anda. Terima kasih dan sampai jumpa.

Term: penyakit pada kucing,perawatan kucing scabies

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.