Penyakit Kucing

9 Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing yang Ampuh

Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing – Siapapun yang memilihara kucing, pasti pernah mendapati kucing miliknya yang terserang penyakit. Tidak terkecuali kucing itu adalah jenis kucing kampung, kucing persia, atau juga kucing anggora. Dan salah satu penyakit yang seringkali diderita oleh kucing, adalah sakit mata. Lalu apa sebenarnya penyebab sakit mata pada kucing? Dan bagamana cara mengobati kucing sakit mata? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Sakit mata pada kucing biasanya akan ditandai dengan mata kucing berair, lalu mata kucing belekan, merah, hingga menjadi bengkak. Sakit mata ini memang tidak bisa dianggap remeh. Karena jika dibiarkan, akan membahayakan kesehatan mata kucing. Dan yang terparah, sakit mata pada kucing ternyata juga bisa menyebabkan kebutaan. Jadi sebelum terlembat, sebaiknya segera lakukan penanganan terhadap kucing Anda.

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing

Penyebab Sakit Mata Pada Kucing

Sebelum membahas ke cara mengobati sakit mata pada kucing, sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dhaulu penyebab kucing sakit mata.

1. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Over produksi atua produksi berlebihan pada air mata kucing, ternyata bisa menjadi penyebab kucing sakit mata. Meskipun ir mata berlebihan pada kucing menjadi hal yang umum, karena biasanya diderita oleh kucing dengan bulu mata yang berdekatan dengan bola mata, namun ada baiknya Anda wasapada.

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

2. Penyakit Nasolacrimal Occlusion

Penyakit mata Nasolacrimal occlusion, bisa menjadi penyebab sakit mata pada kucing selanjutnya. Penyakit mata ini, disebabkan oleh sistem pengeringan air mata pada kucing atau yang seringkali disebut sekresi normal tidak berfungsi dengan baik. Sistem yang bertugas sebagai pelumas pada air mata kucing ini, keluar dengan tidak wajar. Sehingga jaringan mata pada kucing menjadi tersumbat.

3. Penyakit Feline Herpesvirus (FHV-1)

Penyakit Feline herpesvirus disebabkan karena Rhinotrachetis yang menyerang tubuh kucing hingga menghasilkan feline herpes virus. Biasanya kucing yang menginjak umur dewasa, akan lebih mudah terserang penyakit ini. Namun uniknya, virus atau penyakit mata pada kucing ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun tiba-tiba akan muncul lagi jika daya tahan dan sistem kekebalan tubuh kucing sedang tidak baik.

4. Penyakit Konjungtivitas

Penyakit mata pada kucing Konjungtivitas ini, disebabkan oleh faktor lingkungan dari kucing. Gejala dari penyakit mata pada kucing ini, yaitu mata yang mulai berair, lalu kemerahan dan membengkak. Jadi jika kucing mengalami sakit mata dan lingkungan tempat tinggal kucing tidak bersih, kemungkinan kucing terkena penyakit mata Konjungtivitas.

Baca Juga Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kucing

5. Cacing Putih Mata

Cacing putih pada mata atau yang juga dikenal Thelazia californiensis, merupakan salah satu penyebab kucing skait mata. Tidak hanya pada manusia, cacing putih mata ini ternyata juga seringkali bersarang pada mata kucing. Selain itu, cacing mata ini juga seirng bersarang di hewan lainnya seperti anjing dan hamster. Cacing mata ini ditandai dengan sering keluarnya air mata pada kucing secara berlebihan. Dan jika dilihat lebih teliti, akan nampak terdapat cacing putih pada mata.

Sakit Mata pada Kucing Karena Cacing Putih

Sakit Mata pada Kucing Karena Cacing Putih

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing

Sebenarnya ada beberapa pemilik kucing yang sukses mengobati sakit mata ada kucing dengan sendiri di rumah. Namun ada juga yang tidak berhasil dan kucing tidak mengalami perkembangan, sehingga pemilik harus segera membawa dan memeriksa mata kucing ke dokter hewan.

Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing dengan Obat Tetes

Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing dengan Obat Tetes

Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengobati kucing sakit mata sendiri di rumah, dengan beberapa tips di bawah ini.

1. Bersihkan Mata Kucing

Jika Anda melihat ada keanehan pada mata kucing, yaitu mata kucing berair secraa berlebihan dan belekan, ada baiknya Anda sesegera mungkin untuk membersihkan mata kucing. Cara membersihkannya, bisa dengan mengelap mata menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Cara ini sebagai langkah awal untuk menghindari infeksi pada mata kucing.

2. Pisahkan Kucing

Pisahkan kucing atau pindahkan kucing ke tempat lain. Karena bisa saja sakit mata pada kucing dikarenakan faktor lingkungan yang sedang ditinggali oleh kucing. Selain itu memisahkan kucing yang sedang sakit mata, juga bertujuan untuk menghindari tertularnya kucing lain yang tinggal bersamaan dengan kucing yang sedang sakit tersebut.

Baca Juga Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

3. Berikan Obat Mata

Langkah selanjutnya yang paling efetif adalah dengan memberikan obat mata. Obat mata ini, bisa berupa obat tetes yang dijual di petshop atau toko online. Atau jika Anda ingin cara yang alami, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih, lalu teteskan ke mata yang sakit.

4. Periksa Kucing Ke Dokter Hewan

Jika tidak ada perkembangan yang signifikan pada mata kucing setelah Anda mengobatinya sendiri di rumah, sebaiknya segeralah periksa kucing ke dokter hewan. Karena bisa saja penyakit mata pada kucing tersebut disebabkan oleh virus, yang tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata kucing.

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Itu tadi adalah penyebab dan cara mengobati sakit mata pada kucing yang ampuh. Pada intinya, jangan terlalu meremehkan kucing yang skait mata. Karena sakit mata yang sudah parah, akan sangat membahayakan mata kucing.

Term: penyakit mata pada kucing kampung,sakit mata pada anak kucing,apa obat buat kucing desa yg sedang sakit mata,Kucing sakit mata,menggobati mata bengkak pada ank kucing,mengobati mata kucing yang menggelembung,penyakit mata pada kucing

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.