Penyakit Kucing

12 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya – Bagi para pecinta kucing atau orang yang memelihara kucing, pasti pernah menemui permasalahan yaitu kucing muntah. Tentu bagi kebanyakan orang awam akan sedikit panik jika menemui kucing kesayangannya tersebut muntah-muntah. Padahal perlu Anda ketahui, kucing merupakan hewan yang sering mengalami muntah-muntah dibandingkan hewan lainnya. Dan faktor penyebab kucing muntah pun sangat beragam.

Selain penyebab kucing muntah yang beragam, adapula muntahan kucing yang tergolong tidak wajar. Seperti halnya kucing muntah cacing, kucing muntah cacing, kucing muntah makanan yang dimakan, hingga yang paling berbahaya adalah kucing muntah darah. Lalu apa sebenarnya penyebab kucing muntah? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

penyebab kucing muntah

Penyebab Kucing Muntah

1. Kucing Muntah Karena Bulu

Pasti Anda sering melihat kebiasaan kucing yaitu menjilati bulunya sendiri, khususnya untuk kucing dengan bulu panjang seperti kucing persia dan anggora. Bulu mati yang seirng disebut hairballs ini, biasanya akan tertelan oleh kucing dan lama kelamaan semakin banyak sehingga sisa ruang untuk makanan semakin menyempit. Oleh karena itu, kucing akan memuntahkan bulu mereka bersamaan dengan makanan yang dimakan. Muntah karena bulu kucing ini, masih tergolong muntah yang wajar.

2. Kucing Muntah Karena Hamil

Sama halnya dengan manusia, ketika kucing hamil ia akan mengalami yang namanya proses muntah-muntah. Karena salah satu ciri ciri kucing hamil, adalah muntah-muntah. Jadi jika Anda menemui kucing Anda muntah-muntah setelah proses perkawinan, kemungkinan besar kucing Anda muntah karena hamil

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Hamil

3. Kucing Muntah Karena Makanan yang ia Makan

Ternyata makanan yang ia makan, juga bisa menjadi penyebab kucing muntah. Biasanya kucing muntah karena makanan ini, terjadi jika kucing makan secara berlebihan sehingga membuatnya kekenyangan. Selain itu, makan makanan yang tidak kucing tersebut sukai juga bisa membuat kucing kembali memuntahkan makanan tersebut.

4. Kucing Muntah Karena Benda Asing

Kemasukan benda asing seperti benda-benda yang tidak bisa dicerna usus dengan baik, bisa menyebabkan kucing muntah-muntah. Diantaranya adalah tanah dan bulu-bulu dari mainan kucing.

5. Kucing Muntah Karena Parasit

Parasit seperti cacing, bisa menjadi penyebab kucing muntah. Karena parasit ini menyerang usus kucing, dan biasanya parasit berasal dari bulu atau makanan ketika kucing main diluar. Parasit ini juga bisa menyebabkan penyakit pada kucing.

5. Kucing Muntah Karena Virus

Jika kucing muntah dan mencret, bisa juga disebabkan kucing terkena virus feline panleukopenia. Sebaiknya jika Anda menemui kucing muntah dan mencret, Anda harus segera memeriksakan kucing ke dokter hewan.

6. Kucing Muntah Karena Keracunan

Seirngkali terjadi kasus kucing muntah karena keracunan. Dan parahnya lagi, kucing keracunan oleh makanan atau minuman yang terdapat di dalam rumah. Contohnya kucing yang kehausan, dan meminum air bekas cucian baju yang mengandung bahan kimia. Biasanya jika kucing keracunan, kucing akan muntah berbusa putih, dan Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

7. Kucing Muntah Karena Obat-obatan

Obatan-obatan untuk kucing juga bisa menjadi penyebab kucing muntah. Misalkan obat penurun panas untuk kucing.

8. Kucing Muntah Karena Sakit

Muntah kucing juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, diantaranya adalah:

  1. Muntah Darah : Biasanya karena kucing mengalami luka disaluran pencernaannya.
  2. Muntah Berlendir Kuning : Biasanya disebabkan peradangan pada usus kucing.
  3. Muntah Cairan Kucing : Biasanya disebabkan karena sakit pada bagian hati kucing.
  4. Muntah Cairan Empedu : Biasanya terjadi karena inflasi usus, atau biasa juga disebut radang pangkreas.

penyebab kucing muntah

Cara Mengobati Kucing Muntah

Untuk gejala kucing muntah yang bersifat normal, seperti muntah bulu, muntah hamil, atau muntah tanpa disertai gejala lain seperti mencret dan dehidrasi, cara mengobatinya bisa dengan cara-cara normal di rumah.Seperti menjauhkan kucing dari benda-benda asing, atau memberikan minuman dan makanan yang cukup.

Namun jika kucing muntah tidak normal, atau disertai gejala-gejala lain seperti mencret, badan panas, dan kucing lemas, Anda harus segera melakukan pemeriksaan kondisi kucing ke dokter.

Itu tadi merupakan penyebab kucing muntah, lengkap dengan cara mengobati kucing muntah-muntah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, dan kucing Anda pun kembali sehat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel perawatan kucing selanjutnya.

Term: kucing muntah kuning dan bulu,muntah kucing

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.