Fakta Kucing

Mengenal Kucing Odd Eye, Harga, Ciri-ciri, dan Juga Mitos

Sudah tau apa itu kucing odd eye? Atau mungkin Anda salah satu pemilik kucing odd eye? Kucing ini bisa dibilang cukup langka karena memiliki ciri khas yang sangat unik. Yaitu warna mata yang berbeda. Dimana warna mata yang satu berwarna biru, sedangkan mata yang staunya berwarna hijau, kucing, atau kecoklatan. Tentu perbedaan warna mata tersebut meningkatkan nilai jual dari kucing odd eye, dan membuat harga kucing odd eye cenderung lebih mahal dibandingkan kucing lain dengan mata yang normal.

Kucing Odd Eye

Kebanyakan orang awam beraggapan kalau kucing odd eye adalah kucing yang terlahir cacat. Bahkan ada pendapat yang mengatakan rata-rata kucing odd eye lahir dengan pendengaran yang buruk atau bahkan tuli. Namun pada kenyataannya, hampir 70% kucing odd eye memiliki pendengaran yang normal seperti kucing pada umumnya. Jadi tentu kekhawatiran para pemilik kucing dengan warna mata berbeda ini sedikit terobati, karena pada kenyataannya pun kucing odd eye banyak yang memiliki pendengaran telinga yang normal.

Kucing Odd Eye

Keunikan pada mata kucing odd eye ini memang ada penjelasan ilmiahnya, dimana keunikan terdapat pada iris mata. Ketika anak kucing baru dilahirkan, pada umumnya anak kucing belum bisa melihat dan ketika beranjak besar matanya akan berwarna biru. Namun seiring bertambah usia si anak kucing, mata kucing akan berangsur-angsur berubah menjadi warna kuning atau coklat. Nah pada kasus kucing odd eye  ini perubahan warna atau pigmentasi berubah tidak berjalan secara bersamaan. Sehingga salah satu matanya berhenti mengalami pigmentasi dan membuat warnanya berbeda. Nah keadaan ini bisa juga disebut heterochromia Iridis.

Kucing Odd Eye

Dahulu kla kucing odd eye identik dengan kucing warna white solid atau putih solid. Karena banyak anggapan kalau kucing dengan warna inilah yang berpotensi menjadi odd eye, serta rata-rata kucing odd eye juga memiliki warna putih solid. Namun seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan kucing odd eye dengan warna lain seperti warna hitam, kucing, dan lainnya. Jadi tentu kucing dengan warna mata berbeda ini sudah tidak lagi identik dengan kucing warna putih.

Kucing Odd Eye

DI negara lain pun kucing odd eye memang diistimewakan. Seperti halnya di Turki, dimana kucing odd eye bahkan dijadikan maskot pada kejuaraan basket internasional di Turki pada tahun 2010. Yaitu kucing yang diberi nama Bascat, yang merupakan kucing Van Turki berwarna putih dengan warna mata odd eye .Jadi jika dilihat dari sejarah dan keunikan kucing odd eye, wajar jika harga kucing odd eye lebih mahal dibandingkan dengan harga kucing lain pada umumnya.

Harga Kucing Odd Eye

Nah berbicara mengenai harga kucing odd eye, pasti Anda sudah penasaran berapa harga kucing dengan warna mata berbeda ini. Dirangkum dari beberapa sumber situs jual beli kucing, kucing odd eye memang dibanderol dengan harga bervariasi tergantu jenis ras dari kucing tersebut. Lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar harga kucing odd eye.

Jenis Kucing Odd EyeUmurHarga
Harga Kucing Persia Odd Eye> 6 bulanRp 1.000.000 – RP 1.500.000
Harga Kucing Kampung Odd Eye> 6 bulanRp 300.000 – RP 500.000
Harga Kucing Odd Eye White Solid> 6 bulanRp 800.000 – RP 1.200.000
Harga Kucing Anggora Mix Odd Eye> 6 bulanRp 800.000 – RP 1.500.000
Harga Kucing Mix Dome Odd Eye> 6 bulanRp 400.000 – RP 800.000

Itu tadi adalah informasi lebih jelas mengenai kucing odd eye, baik itu dari sisi ciri ciri, harga, serta mitos yang berkembang di masyarakat mengenai kucing warna mata berbeda ini. Semoga informais di atas dapat bermanfaat, dan membantu Anda yang sedang ingin memelihara kucing odd eye.

Term: kucing odd eye,harga kucing kampung odd eye,mitos kucing odd eye,mitos mata kucing beda warna,Kucing odd,harga kucing mata beda warna,kucing bermata beda,kucing beda warna mata,kucing mata beda warna,kucing odd eye mahal

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.