Fakta Kucing

Kenapa Kucing Makan Rumput? Ini Faktanya

Kenapa Kucing Makan Rumput – Pasti Anda pernah sesekali melepaskan kucing Anda di halaman rumah atau tanah lapang. Dan ketika itu kucing Anda berprilaku tidak biasa, yaitu memakan rumput yang ia temui. Tentu bagi kebanyakan pemilik kuring yang baru saja memelihara kucing akab bingung dengan prilaku kucing tersebut, dan khawatir kucingnya akan sakit setelah memakan rumput.

Kekhawatiran terhadap kucing yanag makan rumput memang cukup wajar. Karena biasanya kucing sehabis makan rumput akan kembali memuntahkan rumput tersebut bersamaan dengan air liur yang sedikit berbusa.

Namun perlu Anda ketahui, kucing makan rumput merupakan salah satu prilaku yang umum. Terutama untuk kucing liar yang seringkali mengunjungi persawahan atau lapangan untuk sekedar memakan rumput yang ada. Lalu sudah taukan Anda kenapa kucing makan rumput? Dan apa efek yang bisa ditimbulkan kucing setelah makan rumput? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kenapa Kucing Makan Rumput

Kenapa Kucing Makan Rumput?

Kenapa Kucing Makan Rumput?

Penyebab kucing makan rumput yang pertama, dipercaya sebagai cara kucing untuk mengurangi kelebihan sari makanan hasil proses pencernaan pada perut kucing. Jadi jangan heran jika Anda menemukan kucing yang kembali memuntahkan makannya ketika selesai makan rumput.

Baca Juga Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

Untuk kebanyakan kucing bulu panjang (longhari), pasti kebiasaan menjilati bulunya akan menyebabkan bulu yang tertelan. Nah makan rumput ini bisa juga berguna untuk membersihkan dan mengeluarkan bulu di dalam perut. Jika Anda mendapati kucing muntah bulu ketika selesai makan rumput. Bisa jadi itu adalah tujuan utama dari kucing.

Bahaya Kucing Makan Rumput

Lalu apakah bahaya jika kucing makan rumput? Rumput yang dimakan kucing sebenarnya sangat jarang menimbulkan bahaya pada kucing. Karena sejatinya, kucing memang harus memakan rumput untuk membersihkan isi perutnya dari berbagai hal yang membuatnya terganggu.

Yang berbahaya adalah dimana kucing makan rumput yang sudah tercemar dengan bahan-bahan kimia. Tentu bahan kimia yang menempel pada rumput, bisa membuat kucing keracunan. Untuk jenis rumput yang dimakan kucing sendiri, ada rumput kasar dan halus. Namun keduanya sama-sama memiliki efek yang bagus untuk kucing.

Kucing makan rumput memang biasanya akan langsung muntah-muntah, dan hal tersebut tergolong biasa terjadi pada kucing. Namun jika kucing Anda muntah darah sehabis makan rumput, sebaiknya segera periksa kucing ke dokter hewan. Karena kemungkinan ada masalah pada kondisi kesehatan kucing.

Baca Juga Cara Membuat Kucing Gemuk dan Bulu Lebat

Demikian adalah informasi yang harus Anda ketahui perihal kenapa kucing makan rumput? Beserta efek yang akan ditimbulkan setelah kucing makan rumput. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak lagi bingung ketika menjumpai kucing Anda yang makan rumput.

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.