Mengenal Toxoplasma dan Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Mengenal Toxoplasma dan Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma – Manusia yang memelihara kucing akan sulit memiliki anak. Itulah rumor yang berkembang dikebanyakan masyarakat Indonesia. Rumor tersebut memang didasari oleh salah satu penyakit yang dipercaya disebabkan oleh bulu kucing, yaitu Toxoplasma. Karena Toxoplasma dipercaya dapat menyebabkan kemandulan, keguguran pada ibu hamil, serta yang terparah adalah bisa membuat bayi cacat setelah dilahirkan. Lalu sebenanrnya apa itu Toxoplasma?

Pengertian Toxoplasma pada Kucing

Toxoplasma atau Toxoplasmosis merupakan sebuah penyakit yang menginfeksi hewan. Selain kucing, hewan lainnya yang bisa terinfeksi penyakit Toxoplasma yaitu hewan-hewan berdarah panas seperti njing, kambing, hingga ayam. Penyebab penyakit sendiri yaitu Toxoplasma gondii (T. gondii) yaitu suatu protozoa (hewan bersel satu) intraseluler obligat. Dan yang lebih membahayakannya lagi, parasit ini juga bisa menginfeksi manusia.

Meskipun angka prevalensi penyakit ini pada kucing hanya 10-40%, dan tidak sebesar kambing dan domba, namun banyak yang menggangap kucing sebagai sumber utama penularan Toxoplasma ke manusia. Hal tersebut memang wajar adanya, karena kucing memang lebih sering berinteraksi ke manusia dibandingkan kambing atau domba.

Cara Penularan Toxoplasma

Cara Penularan Toxoplasma Pada Kucing dan Manusia

Cara Penularan Toxoplasma Pada Kucing dan Manusia

Toxoplasma dapat menular dengan dua cara. yaitu sebagai berikut.

1. Penularan Secara Aktif

Penularan Toxoplasma secara aktif ini, yaitu melalui benih toksoplasma yang langsung masuk ke dalam tubuh. Penularannya pun bisa dari berbagai jalan, yaitu:

  • Makan daging yang dimakas kurang matang, dan daging tersebut berasal dari hewan yang sudah terinfeksi Toxoplasma.
  • Makan atau minum sesuatu yang sudah tercemar ookista dari feses kucing yang menderita toksoplasmosis.
  • Berinteraksi dengan bulu kucing yang terdapat atau menempel ookista toksoplasma (kotoran kucing yang terinfeksi toksoplasma).
  • T. gondii yang masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terdapat pada kulit.

2. Penularan Secara Pasif

Ada juga penularan Toxoplasma secara pasif, yaitu pada bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terinfeksi Toxoplasma. Penularan terjadi melalui aliran darah pada tali pusar.

Gejala dan Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Kucing yang terkena Toxoplasma, memang tidak menimbulkan gejala atau ciri-ciri yang berarti, sehingga sangat sulit mendeteksinya. Begitupula pada manusia, baik itu gejala Toxoplasma pada ibu hamil dan pria yang tidak ada ciri-ciri khusus jika terkena Toxoplasma.

Gejala Toxoplasma Pada Ibu Hamil

Gejala Toxoplasma Pada Ibu Hamil

Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena biasanya kucing yang terkena Toxoplasma adalah kucing-kucing yang tidak terawat. Jika Anda merasa kucing Anda sudah Anda rawat dengan baik, kecil kemungkinan kucing kesayangan Anda terkena Toxoplasma.

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies

Cara Mencegah Toxoplasma Pada Kucing

Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Dibandingkan cara mengobati Toxoplasma pada kucing, akan lebih baik jika Anda mengetahui cara mencegah Toxoplasma pada kucing. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Biasakan mandikan kucing dengan shampoo khusus kucing jika kucing selesai main diluar. Terutama jika kucing sempat berguling-guling di tanah. Karena bisa saja bibit Toxoplasma menempel pada tubuh kucing ketika ia berguling-guling. Baca Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar.
  • Hindari kontak langsung kucing peliharaan Anda dengan kucing lain (liar) di luar rumah.
  • Hindar kucing makan makanan sisa dari tempat sampah atau tempat lain yang dirasa kotor dan mengandung banyak virus.
  • Cegah kucing makan hewan lain seperti tikus, burung, kecoa.
  • Bersihkan kotoran kucing secepatnya jika kucing selesai buanng air besar. Sehingga tidak ada kesempatan parasit T. gondii mengalami pemasakan (sporulasi) menjadi ookista yang infektif.
  • Berikan kucing vaksinasi Toxoplasma sesegera mungkin. Baca harga vaksin kucing.

Cara Mencegah Penularan Toxoplasma pada Manusia

Tidak hanya kucing, pencegahan penularan Toxoplasma juga harus dilakukan pada manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lakukan pola hidup sehat.
  • Usahakan untuk hidup dilingkungan yang bersih dan jah dari parasit yang masuk ke dalam tubuh.
  • Biasakan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum menyentuh makan dan minuman atau menyentuh bayi dan juga anak kecil.
  • Cuci sayur dan buah-buahan sebelum dikonsumsi.
  • Jangan makan daging yang setengah matang.

Meskipun kucing berperan penting pada penularan penyakit Toxoplasma, namun kucing tidak akan membawa penyakit Toxoplasma jika kita sebagai pemilik selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan kucing kita. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir kucing kesayangan Anda akan berdampak buruk pada kesehatan Anda dan keluarga Anda.

Demikian adalah pengertian Toxoplasma, cara penularan Toxoplasma, ciri-ciri kucing terkena Toxoplasma, dan juga cara mencegah Toxoplasma pada kucing. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, dan keluarga beserta kucing kesayangan Anda pun terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Kata Kunci: ciri ciri toxoplasma pada kucing,ciri ciri kucing terkena toxoplasma,ciri kucing terkena toksoplasma,ciri ciri terkena tokso kucing,ciri ciri neospora caninum kUcing,ciri ciri kucing yanng,ciri ciri kucing yang terkena toxoplasma,ciri ciri kucing yang terkena tosko,ciri ciri kucing toxo,jamur pada kucing bisa terkena toxo

Komentar Anda Mengenai "Mengenal Toxoplasma dan Ciri-ciri Kucing Terkena Toxoplasma"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *