Penyakit Kucing

Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies – Rabies menjadi salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti, dan biasanya menyerang hewan-hewan mamalia. seperti halnya kucing. Dan yang ditakutkannya lagi, virus rabies ini dapat menular ke manusia. Jadi wajar saja jika virus rabies menjadi salah satu virus yang paling ditakutkan pada hewan kesayangan Anda.

Cara penularan virus rabies ke manusia, yaitu pada air liurnya. Manusia yang terkena gigitan atau cakaran kucing yang sebelumnya sudah terpapar air liur, bisa tertular rabies. Lalu sebenarnya apa penyebab virus rabies?

Apa itu Virus Rabies?

Virus rabies sendiri disebabkan oleh virus rabies. Virus ini masuk dalam kategori keluarga virus Rhabdoviridae dan genus Lysavirus. Tidak hanya menyerang kucing, virus rabies juga sering ditemukan menyerang hewan-hewan mamalia lainnya, diantaranya adalah anjing.

Virus rabies juga bisa menular ke manusia melalui perantara kucing, misalkan melalui melalui gigitan, cakaran kuku yang sebelumnya sudah terpapar air liur, dan juga jilatan pada kulit yang terluka.

Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies

Secara umum, kucing yang terkena rabies akan mengalami gejala-gejala diantaranya adalah kucing yang tidak mau makan, kucing menjadi agresif dan menyerang siapapun yang berada didekatnya, air liur keluar secara berlebihan, ekor kucing yang selalu ditekuk diantara kedua kakinya, hingga kucing yang mengalami kejang-kejang lalu lumpuh. Bahkan pada beberapa kasus, seringkali ditemui kucing rebies yang awalnya jinak. Lalu tiba-tiba menjadi galak dan menyerang siapa saja.

ciri-ciri kucing terkena rabies

ciri-ciri kucing terkena rabies

Namun jika melihat dari sudut pandang lain, ciri-ciri kucing rabies dapat berbeda-beda tergantung jenis rabies yang sedang dideritanya. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Rabies Normal

Kucing yang terkena rabies ini, biasanya akan lebih hyper aktif yaitu berlarian kesana kemari, dan juga terlihat lebih gelisah. Tidak hanya itu, penderitanya juga akan menyerang benda apapun yang terlihatnya sedang bergerak.

2. Rabies Membabi Buta

Rabies yang juga disebut hidropobia ini, membuat penderitanya akan menjadi takut air. Jika terkena rabies jenis ini, kucing akan sering mengalami kehausan. Namun ketika kita berikan air, kucing malah terlihat aneh dan takut dengan air, serta otot-ototnya pun menjadi kejang-kejang.

3. Rabies Diam

Sesuai dengan namanya, rabies ini membuat kucing kehilangan semangat, sulit untuk terangsang, lebih suka menyendiri, bahkan menjadi pendiam. Bahkan rabie sini juga bisa membuat kucing mengalami kelumpuhan, dan tubuhnya pun sering gemetaran.

4. Rabies Tanpa Bentuk

Rabies tanpa bentuk, memang tergolong cukup aneh. Karena meskipun disebut sebagai rabies tanpa bentuk, namun bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditimbulkan jika terkena rabies ini. Jenis rabies ini akan menimbulkan gejala gatal, kejang otot, kaku dan sembeli.

Baca Juga Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

Cara Mengobati Kucing Rabies

Cara mengobati kucing rabies, lebih tepatnya adalah antisipasi penularan rabies pada kucing kesayangan Anda. Yaitu dengan cara memberikan vaksinasi pada kucing secara bersekala.

Cara Mengobati Kucing Rabies

Cara Mengobati Kucing Rabies

Untuk manusia, jika Anda tergigit atau tercakar kucing dengan ciri-ciri kucing terkena rabies dan juga gejala kucing rabies seperti di atas, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan cara:

  • Memberikan vaksin atau suntikan imunoglobulin rabies (paling lambat 7 hari setelah terserang kucing rabies)
  • Vaksin rabies yang biasanya dilakukan selama 4 kali. Yaitu dua suntikan yang diberikan pada hari pertama setelah terserang rabies, satu suntikan diberikan pada hari ke-7, dan juga satu suntikan yang diberikan pada hari ke-21 hingga ke-28.

Perlu diketahui, virus rabies memang tidak hanya bisa menular pada hewan peliharaan di rumah seperti kucing dan anjing, namun juga dari hewan-hewan liar. Jadi jika Anda sedang berkunjung ke wilayah yang belum terbebas dari rabies, usahakan untuk tidak berinteraksi terlalu dekat pada hewan-hewan liar disekitar.

Itu tadi merupakan informasi ciri-ciri kucing rabies, gejala kucing rabies, penyebab kucing terkena rabies, hingga cara mengobati kucing rabies. Semoga informasi di atas dapat berguna untuk mengantisipasi penularan virus yang lumayan berbahaya ini. Semoga bermanfaat.

Term: kucing rabies

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.