Perawatan Kucing

Ketahui Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan

Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan – Mrawat kucing memang tidak hanya sekedarr memberi makan dan minum saja. Namun juga harus memperhatikan kondisi kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar dari kucing tersebut. Terlebih lagi jika jenis kucing yang dipelihara merupakan jenis kucing yang sensitif dan mudah terserang penyakit, dibutuhkan waktu yang ekstra untuk merawat kucing agar selalu sehat.

Khusus untuk pemilik kucing betina, pasti adakalanya kucing betina yang dipelihara hamil dan melahirkan. Tentu dibutuhkan perawatan yang khusus pada kucing pasca melahirkan. Karena cara merawat kucing setelah melahirkan tentu berbeda dibandingkan merawat kucing sebelum atau tidak melahirkan. Nah oleh karena itu pada artikel ini, perawatan kucing akan menjelaskan lebih rinci perihal cara perawatan indukan kucing setelah melahirkan. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan

Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan

1. Berikan Makanan dengan Nutrisi Tinggi

Induk kucing setelah melahirkan, pasti mengalami proses yang namanya menyusui anaknya. Nah agar anak yang masih menyusui tersbeut bisa tumbuh sehat, dibutuhkan air susu dari indukan yang berkualitas. Jadi indukan kucing membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Sehingga air susu yang dikeluarkan oleh indukan kucing bagus, dan antibodi pada si anak pun terbentuk dengan lebih sempurna.

Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan

Baca Juga Ciri-ciri Kucing Hamil yang Harus Anda Ketahui

Bahkan menurut National Acedemies of Science, induk kucing yang sedang menyusui membutuhkan 4 kali lipat asupan makanan dibandingkan biasanya. Kira-kira 600 kalori per 10 pound berat badan.

2. Bersihkan Badan Induk Kucing

Kucing setelah melahirkan biasanya akan terlihat sangat kotor dibandingkan sebelum melahirkan. Akan ada banyak sisa kotoran yang menempel pada induk kucing pasca melahirkan. Meskipun scara alami indukan kucing akan membersihkan sendiri kotoran-kotoran yang menempel ditubuhnya dan tubuh anaknya dengan cara menjilatinya, namun tidak ada salahnya jika Anda membantu indukan kucing untuk membersihkan diri.

Namun membersihkan induk kucing setelah melahirkan, hanya cukup dengan menyisir bulu-bulu serta membersihkan menggunakan handuk yang setengah kering. Karena menurut berbagai pendapat, anak kucing yang baru lahir hanya bisa mengenali indukannya melalui bau tubuh induknya. Jadi jika langsung dimandikan, bisa berpotensi anak kucing tidak mau menyusui induknya karena tidak mengenali bau dari induknya tersebut.

3. Sediakan Air yang Cukup dan Higienis

Induk kucing setelah melahirkan akan sering minum dibandingkan biasanya. Jadi pastikan untuk selalu menyediakan minum yang higienis bagi induk kucing. Jangan sampai kucing Anda dehidrasi karena kekurangan asupan air di tubuhnya. Karena bisa membahayakan kesehatan induk dan anak-anaknya.

Jadi usahakan untuk memberikan tempat yang nyaman dan jauh dari aktifitas manusia untuk induk kucing dan anak-anaknya. Bisa dengan membuat rumah kucing dari kardus yang tertutup di beberapa sisi, agar ketika menyusui si anak pun induk merasa nyaman dan tidak terancam.

4. Sediakan Tempat yang Nyaman

Cara perawatan induk kucing setelah melahirkan selanjutnya, adalah dengan memberikan tempat yang nyaman untuk dia dan anak-anaknya. Karena induk yang barus melahirkan, tergolong lebih protektif terhadap segala sesuatu yang diyakini akan membahayakan anak-anaknya. Jika induk dirasa belum menemui tempat yang aman untuk anak-anaknya, induk akan terus memindahkan anak-anaknya.

Cara Perawatan Induk Kucing Setelah Melahirkan

5. Rajin untuk Membersihkan Puting Induk Kucing

Induk kucing yang sedang menyusui, pada bagian putingnya akan sering kotor. Nah agar kotoran pada puting tidak menjadi bakteri yang membahayakan induk dan anaknya, sebaiknya untuk rajin membersihkan puting menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Namun lakukan setidaknya setelah anak kucing berumur 1 minggu.

Baca Juga Ciri-ciri Tanda Kucing Mau Melahirkan Anaknya

Pada intinya, perawatan khusus pada induk kucing pasca melahirkan, memang tidak hanya berguna untuk kesehatan dan kenyamanan induk kucing saja. Namun juga kenyamanan dan kelangsungan hidup dari anak-anaknya. Jadi usahakan untuk meluangkan sedikit waktu yang lebih banyak untuk memberikan perhatian pada induk kucing yang habis melahirkan.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai cara perawatan induk kucing setelah melahirkan yang dapat kami sajikan. Semoga bisa membantu Anda yang masih bingung bagaimana cara merawat kucing pasca melahirkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda ya.

Term: kucing betina kembali birahi setelah melahirkan,induk kucing tidak mau makan setelah melahirkan,perawatan tradisional setelah melahirkan

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.