Perawatan Kucing

7 Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar – Bagi beberapa pecinta kucing, memang tidak akan mempermasalhakan jenis dan ras kucing yang akan dipelihara. Bahkan diantaranya lebih memilih untuk merawat kucing liar atau kucing kampung dibandingkan kucing ras seperti persia dan anggora. Namun terkadang permasalahan timbul, dimana kucing liar pada umumnya tidak terbiasa berinteraksi secara langsung dengan manusia.

Kebanyakan kucing liar yang didekati oleh manusia, akan merasa takut dan cenderung agresif atau galak jika disentuh. Bukan kemanjaan yang akan ditunjukan oleh kucing liar, melainkan cakaran dan gigitan yang akan Anda dapatkan jika secara tiba-tiba memgang atau menggendong kucing liar tersebut.

Namun bukan tidak mungkin kucing liar yang galak dan penakut itu bisa menjadi jinak. Dengan catatan Anda dengan sabar dan penuh kasih sayang merawat dan melatih kucing tersebut hingga menjadi jinak. Selain itu, dibutuhkan tekad yang mantap bagi siapapun yang ingin merawat kucing liar. Oleh karena itu pada artikel ini, perawatan kucing akan mencoba memberikan informasi dan tips cara menjinakan kucing liar yang galak dan penakut.

Tips Cara Menjinakan Kucing Liar

1. Memberi Makan Kucing Liar

Cara menjinakan kucing liar yang paling efektif, adalah dengan membawanya ke rumah. Tapi tidak bisa langsung menggendong atau menangkapnya, karena bisa saja kucing malah menjadi stress dan agresif ketika sudah sampai rumah. Setidaknya lakukan pendekatan dulu kepada kucing diantaranya adalah dengan memberi makan kucing diluar.

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Setidaknya memberi makan pada kucing liar di luar rumah, bisa meningkatkan kepercayaan kucing pada Anda. Yaitu Anda akan selalu memberi makan pada kucing tersbeut nantinya.

2. Tangkap Kucing Liar

Kucing liar yang baru ditemui, besar kemungkinan akan langsung lari. Hal tersebut tegrolong wajar, karena kucing liar memang jarang berinteraksi langsung dengan manusia. Oleh karena itu jika Anda merasa ingin langsung membawanya ke rumah, Anda harus membuat jebakan yang manusia untuk menangkap kucing liar.

Bisa dengan petcargo atau kandang kucing yang ditutupi selimut, lalu letakan makanan atau minuman di dalam kandang agar kucing tertarik masuk ke dalamnya. Setelah kucing masuk, bergegaslah untuk menutup petcargo atau kandang kucing. Lakukan dengan penuh kesabaran, karena bisa saja kucing akan takut mendekati kandang atau petcargo ketika mendengar bunyi-bunyi yang tidak biasa.

3. Biarkan Kucing Sejenak di Dalam Ruangan

Beri waktu untuk kucing liar diam dalam rumah atau ruangan yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Karena pasti kucing akan meng-eksplore atau berkeliling pada ruangan yang barus saja dilihatnya, dengan tujuan untuk beradaptasi dengan lingkunagn barunya.

4. Temani Kucing di Dalam Ruangan

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menemani kucing tersebut tanpa harus menyentuhnya. Biarkan kucing liar membiasakan diri berdekatan dengan manusia terlebih dahulu. Karena jika Anda langsung menyentuhnya, bisa jadi Anda akan mendapatkan hadiah cakaran atau gigitan dari si kucing.

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Untuk interaksi awal, bisa dengan memberikan makanan, minuman, serta tempat untuk buang air bagi si kucing. Selain itu Anda juga bisa mengajaknya bicara, dan memanggil namanya agar kucing terbiasa mendengar suara manusia.

Baca Juga Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar

5. Ajak Bermain Kucing Liar

Jika Anda rasa waktu Anda bersama kucing sudah cukup dan kucing sudah tenang, selanjutnya Anda bisa mengajaknya bermain. Namun disarankan utuk tidak mengajak mainnya secara langsung menggunakan tangan Anda. Bisa dengan menggunakan mainan kucing sederhana yang sudah Anda buat atau beli di petshop.

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Mainan kucing yang bisa membuat kucing tertarik, diantaranya adalah dengan membuatnya dari kayu kecil, lalu pada ujung kayu bisa diberikan tali rafia.

6. Dekatkan Tangan Anda Pada Kucing Liar

Dekatkan tangan Anda secara perlahan pada kucing liar, namun jangan terlebih dahulu menyentuhnya. Mendekatkan tangan pada kucing, bertujuan agar kucing mengenali bau dari tangan kita. Kemungkinan kucing akan mendekati tangan kita dengan sendirinya, lalu mengendus-endusnya.

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Untuk berjaga-jaga terkena cakaran dan gigitan kucing, Anda bisa menggunakan kaos lengan panjang serta sarung tangan.

7. Mulai Sentuh dan Elus Kucing Liar

Jika dirasa kucing sudah nyaman berada di dekat Anda, Anda bisa langsung menyentuh dan mengelus kucing liar. Mengelus kucing liar ini, adalah pembuktian apakah kucing sudah menerima Anda atau belum. Jika Anda takut untuk menyentuhnya, Anda bisa mengajak mainnya terlebih dahulu agar fokus kucing bertumpu ke mainan yang Anda berikan. Sembil kucing bermain, mulailah menyentuh dan mengelus-elus bagian kepala atas atau leher kucing.

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

Usahakan untuk tidak menyentuh bagian belakang seperti kaki belakang atau ekor kucing. Karena biasanya, kucing sangat tidak menyukai kaki belakang dan ekornya disentuh.

Hal yang Harus Anda Ketahui Ketika Ingin Menjinakan Kucing Liar

Cara menjinakan kucing liar di atas, memang tidak selalu langsung berhasil diterapkan. Karena karakter dan sifat kucing, sangat mempengaruhi cepat tidaknya kucing menjadi jinak. Terlebih lagi jika kucing liar pernah mengaami kejadian buruk oleh manusia. Bisa saja kucing tersebut masih memiliki rasa trauma ketika berinteraksi dengan manusia.

Oleh karena itu jika Anda sudah membulatkan tekad Anda untuk memelihara kucing liar, Anda harus sudah menyiapkan mental jika sewaktu-waktu terkena gigitan atau cakaran dari kucing liar. Tidak lupa, kesabaran juga sangat dibutuhkan untuk membuat kucing liar menjadi jinak dan nurut kepada kita.

Baca Juga Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet

Demikian adalah informasi mengenai cara menjinakan kucing liar yang galak dan penakut dari perawatan kucing. Semoga setelah mengikuti beberapa tips tersebut, Anda berhasil menjinakan salah satu kucing liar yang sudah lama ingin Anda rawat di rumah. Jangan lupa, untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda ya.

Term: cara menjinakan kucing,cara merawat kucing penakut,Kucing trauma

One Response

  1. Miftakhul Jannah Juli 3, 2018

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.