Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing yang Ampuh

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing – Kucing Anda jamuran/ringworm? Bukan hal yang aneh jika kucing jamuran atau terkena ringworm. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara dengan ilim tropis, dimana pertumbuhan jamur akan lebih cepat dibandingkan negara lainnya dengan iklim berbeda. Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengpbati kucing jamuran, sebaiknya Anda juga harus mengetahui penyebab kucing jamuran dan apakah ringworm dapat menular ke manusia?

Indonesia memang terkenal menjadi salah satu negara dengan populasi kucing terbanyak. Oleh karena itu, tidak sedikit yang memelihara kucing sebagai teman di rumah. Namun ternyata yang menjadi momok bagi pemilik kucing tidak hanya penyakit atau virus yang menyerang bagian dalam kucing, tapi juga penyakit yang menyerang bagian luar atau kulit kucing.

Cara Mengobati Kucing Jamuran

Cara Mengobati Kucing Jamuran

Tentu Anda pernah melihat kucing kesayangan Anda yang terlalu sering menggaruk-garuk salah satu bagian tubuhnya. Nah garukan tidak wajar atau sering yang dilakukan kucing, bisa jadi karena kucing terkena jamur/ringworm.

Ciri-ciri Kucing Jamuran

Jadi sebelumnya, Anda harus mengetaui apa saja ciri-ciri kucing jamuran. Sehingga Anda bisa mengamibil langkah selanjutnya untuk mengobati dan menghilankan jamur pada kucing.

Kucing yang jamuran, biasanya akan terdapat seperti lingkar cincin pada kulit yang berwarna kemerahan, serta bulunya pun akan mengalami kerontokan seperti botak dengan bentuk melingkar. Selain itu adapula yang muncul bercak-bercak putih pada bulu seperti ketombe atau telur kutu. Dan bisa juga karena jamur, kulit kucing menjadi terkena iritasi.

Penyebab Kucing Jamuran

Banyak faktor penyebab kucing jamuran. Baik itu faktor eksternal maupun internal. Penyebab utama tentu karena kebersihan lingkungan kucing tersebut berada, Misalkan lingkungan jarang dibersihkan, dan banyak bercak-bercak atau sisa kotoran kucing yang berserakan. Sisa kotoran kucing tersebut, bisa menjadi tempat ideal untuk jamur berkembangbiak.

Penyebab Kucing Jamuran

Penyebab Kucing Jamuran

Adapula faktor yang umum penyebab kucing jamuran, adalah tertular dari kucing lainnya. Perlu diketahui, virus ringworm atau jamur kucing dapat menular ke kucing lainnya. Penularan jamur ke sesama kucing, biasanya disebabkan terjadinya kontak langsung antara kucing yang terkena jamur dengan kucing lainnya.

Apakah Ringworm Menular ke Manusia?

Banyak pemilik kucing yang bertanya-tanya mengenai ringworm pada kucing yang menular ke manusia. Sama halnya dengan penularan ke sesama kucing, ternyata jamur kucing juga bisa menular ke manusia. Oleh karena itu, jika Anda mendapati kucing Anda jamuran, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati. Biasakan mencuci tangan atau membersihkan diri ketika selesai berinteraksi dengan kucing.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Selanjutnya mungkin yang paling Anda tunggu-tunggu, yaitu cara menghilangkan jamur pada kucing. Sebenarnya, cara mengobati kucing jamuran memang gampang-gampang susah. Ada yang berhasil dengan cara sederhana, namun ada juga yang tidak berhasil dengan berbagai cara. Namun setidaknya, dengan mengambil tindakan yang tepat, jamur pada kucing pun akan semakin berkurang.

Cara Mengobati Kucing Jamuran dari Luar

1. Salep dan Bedak Jamur

Pertama Anda bisa mencoba menggunakan salep atau bedak untuk jamur pada kucing. Salep atau bedak jamur kucing ini, bisa Anda temukan di petshop atau toko hewan. Harga yang dibanderol untuk salpe dan bedak jamur kucing pun terbilang cukup terjangkau. Jadi cara ini cukup bagus unuk langkah awal Anda.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Namun pastikan kucing sudah dipakaikan corral ketika akan diberikan salep atau bedak jamur. Karena kucing cenderung akan menjilati bagian tubuhnya jika merasakan benda asing. Jadi jangan sampai salep jamur tersebut dijilati oleh kucing Anda ya!

2. Shampo Khusus Jamur Kucing

Selanjutnya Anda bisa mencoba menggunakan shampo khusus jamur kucing. Admin sendiri biasa menggunakan shampo merk Virbac Sebazole ketika memandikan kucing yang jamuran. Namun, harga shampo tersebut memang lumayan mahal. Yaitu berkisar Rp 150 ribu – Rp 180 ribuan.

Baca Juga Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

3. Lime Sulfur 0,5 – 5%

Sudah tau apa itu lime sulfur? Lime sulfur merupakan cairan larutan belerang dengan konsentrasi yang kecil. Lime sulfur ini, dipercaya dapat meghilangkan virus dan penyakit kulit pada kucing seperti jamur.

Cara menggunakannya pun lumayan praktis, karena Anda hanya tinggal mencelupkan kucing pada larutan lime sulfur hingga seluruh bagian tubuh kucing basah. Bisanya dengan 2 – 4 kali pengobatan, jamur pada kucing akan mulai berkuran. Namun biasanya ada efek samping setelah menggunakan sulfur, yaitu kucing akan kehilangan nafsu makannya.

Cara Mengobati Kucing Jamuran dari Dalam

Jika cara mengobati kucing jamuran dari luar tidak efektif untuk kucing Anda, bisa beralih ke cara menghilangkan jamur pada kucing dari dalam. Yaitu dengan obat-obatan yang khusus untuk mengobati penyakit kulit kucing.

1. Itraconazole

Sebaiknya berikan obat ini pada kucing sesuai dengan resep dari dokter. Atau biasanya obat ini akan diberikan dengan dosis 2 x 2 minggu. Caranya bisa dnegan mencampurkan obat ini pada makanan kucing.

Obat ini dapat memberikan efek samping pada kucing, diantaranhya adalah nafsu makan berkurang atau juga kucing muntah. Selain itu jangan berikan pada kucing yang sedang hamil. Karena bisa berdampak buruk pada induk dan janin kucing di dalamnya.

Anda Harus Tau Ciri-ciri Kucing Hamil

2. Ketoconazole

Obat ini sudah dikenal sebagai obat yang ampuh untuk kucing jamuran. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda, yaitu dengan dicampurkan pada makanan. Namun adapula efek samping pada obat ini ytang hampir sama dnegan Itraconazole, yaitu nafsu makan kucing yang berkurang serta kucing akan muntah.

3. Fluconazole

Obat yang satu ini bisa digunakan pada kucing sebanyak 2 x sehari. Lakukan secara rutin selama 1 minggu atau sampai jamur pada kucing berkurang. Namun obat ini dapat menimbulkan efek saping yang cukup berbahaya, yaitu gangguan pada hati. Jadi sebaiknya jangan berlebihan, dan Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Cara Mencegah Kucing Jamuran

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepetah itulah yang seringkali kita dengar. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencegah jamur atau rngworm menjangkit kucing kesayangan Anda sejak dini. Berikut adlaah cara-caranya.

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan kucing menjadi langkah utama untuk mencegah kucing jamuran. Biasakan untuk selalu membersihkan hal-hal yang bisa menjadi tempat berkembang biak jamur atau virus kucing lainnya. seperti kotoran kucing, kandang, tempat makan, dan lainnya.

2. Karantina Kucing yang Sedang Jamuran

Usahakan hindari kontak langsung kucing Anda yang sedang jamuran ke kucing lainnya. Bisa dengan mengkarantinannya di dalam kandang untuk sementara selagi sedantg proses penyembuhan. Karena penularan jamur paling cepat pada kucing, adalah kontak langsung ke sesama kucing yang sedang jamuran.

3. Berikan Makanan dengan Protein Tinggi

Makanan berprotein tinggi + vitamin, akan meningkatkan daya tahan tubuh dari kucing. Nah dengan terjaganya daya tahan tubuh pada kucing, penyakit-penyakit seperti jamur akan enggan menjangkit kucing Anda. Lain halnya dengan kucing dengan daya tahan tubuh yang lemah, akan mudah terjangkit penyakit dan virus-virus kucing.

Anda Harus Coba Cara Membuat Kucing Gemuk dan Bulu Lebat

Bagaimana, apakah penjelasan singkat mengenai cara mengobati kucing jamuran, cara menghilangkan jamur pada kucing, penyebab kucing jamura, serta cara mencegah kucing jamuran di atas sesuai dengan apa yang Anda cari selama ini. Jika iya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda ya!

Kata Kunci: cara menghilangkan jamur yang berlebihan pada kucing,ciri ciri jamur pada kucing,jamur kucing,jamur pada kucing,kucing basah menyebabkan jamuran,kucing jamuran,obat jamur kucing berbentuk bedak,Obat ringworm kucing persia,salep jamur manusia untuk kucing

Komentar Anda Mengenai "Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing yang Ampuh"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *