6 Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi yang Ampuh

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi – Birahi pada kucing memang menjadi hal yang sangat umum dirasakan oleh para pemilik kucing atau pecinta kucing. Karena kucing jantan atau betina yang siap kawin dan tidak dikebiri, pasti akan siklus berahi setiap 3-4 minggu.

Meskipun birahi merupakan hal yang wajar dialami kucing, namun adakalanya prilaku kucing yang sedang birahi sangat menjengkelkan dan tidak dapat ditangani oleh para pemilik kucing. Prilaku tersebut diantaranya adalah kucing akan mengeluarkan suara meong yang lebih keras dibandingkan biasanya.

Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi kcuing birahi dan juga cara menenangkan kucing birahi. Ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu ciri-ciri kucing birahi seperti apa. Yuik simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Kucing Birahi

Secara umum, kucing jantan atau betina yang sedang birahi akan menunjukan prilaku yang berbeda dari biasanya. Meskipun beberapa prilaku tersebut terlihat lucu dan menggemaskan, seperti kucing menjadi lebih manja, lebih sering berguling-guling, dan akan menggesek-gesekan tubuhnya ke Anda atau benda apapun yang ada di dekatnya.

Namun adapula prilaku yang bisa membuat pemiliknya kewalahan. Seperti kucing menjadi berisik karena mengeong lebih keras dan lebih sering dibandingkan sebelumnya. Serta kucing menjadi gelisah seakan sedang mencari sesuatu. Nah jika Anda mendapati prilaku aneh dari kucing tersebut, Anda bisa menyentuh bagian punggung belakang dekat ekor kucing.

Ciri ciri Kucing Jantan atau Betina Birahi

Ciri ciri Kucing Jantan atau Betina Birahi

Jika ketika punggung belakang dekat ekor kucing ditepuk atau dielus secara perlahan dan kucing merespon dengan menaikan tubuh belakangnya serta ekor yang bergoyang ke satu sisi, bisa dipastikan kalau kucing Anda tersebut sedang birahi.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

1. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Kucing yang sedang birahi akan cenderung lebih sering mencoba kabur atau keluar rumah. Terlebih lagi jika ia mendeteksi ada lawan jenis di luar rumah, pasti kucing akan mencoba mencari jalan untuk keluar rumah. Nah untuk itu, pastikan kucing Anda tidak keluar rumah.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Karena selain bertujuan untuk menghindari perkawinan yang tidak Anda inginkan antara kucing Anda dan kucing liar di luar rumah, ditakutkan juga kucing liar di luar rumah tersebut sedang menderita penyakut kulit seperti jamur atau juga kutu. Karena kemungkinan penyakit kulit dari kucing liar akan menular juga ke kucing Anda.

2. Berikan Sesuatu yang Hangat untuk Kucing

Meskipun cara ini tidak menjamin keberhasilnan mengurangi birahi kucing, namun dibeberapa kasus memberikan sesuatu yang hangat untuk kucing bisa mengurangi birahi kucing. Seperti memberikan alas berupa handuk ataukain yang hangat dibasahi dengan air hangat, atau juga memandikan kucing dnegan air hangat. Karena kehangatan yang didaptkan oleh kucing, dipercaya akan membuat kucing lebih tenang dan juga rileks.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

3. Berikan Catnip untuk Kucing

Catnip tersedia dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah berbentuk snack, kudapan, cemilan, atau dalam bentuk spray. Nah catnip ini bergunan untuk membuat kucing nge-fly. Meskipun kebanyakan kucing akan lebih tenang dan santai setelah dibeirkan catnip, namun adapula kucing yang malah menjadi lebih bersemangat dan agresif. Jadi sebelum memberikan catnip untuk mengatasi birahi pada kucing, sebaiknya cari tau dulu prilaku kucing Anda setelah diberikan catnip ini.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

4. Rajin Membersihkan Kotoran Kucing

Kucing yang sedang birahi akan lebih sering berada di box pasir, baik itu untuk buang air kecil atau juga buang air besar. Karena selain bertujuan untuk buang air, tujuan kucing juga untuk menandai lokasi kepada lawan jenisnya. Jadi sebaiknya Anda rajin untuk membersihkan box pasir atau box kotoran kucing. Sehingga kucing akan menggunakan box pasir tersebut hanya untuk buang air, dan tidak mendorong untuk selalu melakukannya untuk menandai wilayahnya.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

5. Cari Pasangan untuk Kucing

Cara mengatasi birahi kucing yang ampuh dan efektif, tentu mencarikan pasangan untuk kucing Anda. Jika kucing Anda betina, otomatis sikulus birahi akan hilang jika kucing Anda berhasil hamil setelah proses kawin. Namun pastikan Anda lebih selektif untuk mencarikan pasangan untuk kucing Anda ya. Karena jika pasangannya sedang menderita penyakit seperti penyakit kulit, kemungkinan bisa menular ke kucing Anda nantinya.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

6. Kebiri atau Steril Kucing

Jika Anda ingin menghilangkan birahi kucing tanpa kawin, cara yang paling tepat adalah kebiri atau steril kucing Anda. Meskipun cara ini masih pro dan kontra dikalangan pecinta kucing, namun steril atau kebiri kucing juga bertujuan untuk membuat umur kucing lebih panjang. Selain itu kebiri kucing juga mengurangi resiko anak kucing yang terlantar setelah dibuang pemiliknya, karena tidak sanggup mengurus kucing dalam jumlah besar.

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi

Itu tadi merupakan cara mengatasi kucing jantan atau beina birahi. Tentunya meskipun tidak ada jaminan birahi kucing Anda akan hilang, setidkanya cara di atas dapat mengurahi birahi pada kucing sehingga prilakunya pun akan lebih tenang.

Kata Kunci: mengatasi kucing jantan birahi,cara menenangkan kucing jantan birahi,cara mengatasi kucing jantan birahi,Cara Mengatasi Kucing Birahi,cara menghilangkan birahi kucing jantan,cara mengatasi kucing betina birahi,cara menghilangkan birahi kucing betina,Menghilangkan birahi pada kucing betina,mengatasi kucing betina birahi,cara menangani kucing jantan birahi

2 Komentar "6 Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi yang Ampuh"

  1. Fenty berkata:

    Saya baru pelihara kucing persia tp di rumah saya ad 2 kucing jantan sedangkan yang satu udh besar dan harus kawin.. Tp knp dia kawinin kucing jantan yang kecil.. Mohon solusinya

    1. Perawatan Kucing berkata:

      Kemungkinan karena kucing yg sudah besar tersebut belum pernah kawin sebelumnya, sehingga dia belum bisa membedakan bau kucing jantan & betina.
      Solusinya, coba dicarikan kucing betina dewasa yang juga sedang birahi.

Komentar Anda Mengenai "6 Cara Mengatasi Kucing Jantan atau Betina Birahi yang Ampuh"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *