Perawatan Kucing

Ini Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar

Cara Memotong Kuku Kucing – Kucing menjadi salah satu hewan yang memiliki kaakter membela diri menggunakan kuku atau cakarnya. Kuku kucing memang memiliki peranan penting bagi kucing tersebut selain taringnya. Bahkan seringkali kita melihat kucing yang mengasah kukunya agar semakin tajam. Namun kuku kucing seringkali juga membahayakan pemiliknya, sehingga banyak pemilik kucing yang memutuskan untuk memotang kuku kucing sehingga menjadi tumpul.

Meskipun terkadang kuku kucing yang tajam bisa membahayakan pemiliknya atau juga merusak perabotan yang ada di rumah, namun banyak yang beranggapan kalau kuku kucing tidak boleh dipotong. Namun perlu diketahui, sebenarnya tidak ada salahnya memotong kuku kucing, asalkan hanya bagian ujungnya saja yang dipotong dengan tujuan untuk membuat kuku menjadi tumpul saja. Usahakan, jangan terlalu dalam menggunting kuku kucing, apalagi sampai mencabutnya.

Cara Memotong Kuku Kucing

Banyak pemilik kucing yang tidak berani untuk memotong kuku kucing sendiri, dan lebih memilih untuk membawanya ke petshop. Biasanya tidak beraninya pemilik untuk menggunting kuku kucing, dikarenakan tidak mengetahui cara memotong kuku kucing atau takut kucing menjadi marah dan balik menyerang. Padahal jika sudah terbiasa, memotong kuku kucing bukanlah perkara yang terlalu sulit. Oleh karena itu pada kesempatan ini, peraw3atan kucing akan mencoba membagikan informasi cara memotong kuku kucing, cara menggunting kuku kucing, baik itu kucing persia, anggora, anak kucing, atau kucing galak sekalipun. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Tekan Telapak Jari Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Tekan Kuku Kucing

Langkah pertama adalah posisika diri Anda senyaman mungkin. Lalu tekan jari kucing pada bagian atas dan bawah menggunakan ibu jari dan telunjuk. Menekan jari kucing bertujuan untuk membuat kuku keluar, sehingga Anda lebih mudah untuk mengguntingnya. Lakukan secara berulang pada setiap jari kucing.

2. Cara Potong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Gunting Kuku Kucing

Selanjutnya adalah proses yang paling penting, yaitu potong kuku kucing. Cara potong kuku kucing yang benar adalah dari atas secara vertikal. Karena jika kuku kucing dipotong dari samping, bisa membuat kuku menjadi pecah. Anda juga bisa mencoba cara memotong kuku kucing menggunakn gunting kuku biasa. Karena banyak juga petshop yang masih menggunakan gunting kuku biasa untuk memotong kuku kucing.

3. Bagian Kuku yang Harus Dipotong

Cara Memotong Kuku Kucing

Bagian Kuku Kucing yang Harus Dipotong

Perhatikan bagian kuku mana yang harus dipotong dan tidak boleh dipotong. Anda bisa lihat pada gambar di atas. Potong kuku hanya pada bagian ujungnya saja yang runcing. Jangan terlalu dalam, hingga memotong pada bagian daging yang nampak berwarna kemerahan. Karena selain bisa emmbuat kucing kesakitan, emmotong terlalu dalam juga bisa membuat kuku kucing berdarah.

Baca Juga Cara Membuat Kucing Gemuk dan Bulu Lebat

4. Lakukan Secara Hati-hati

Lakukan secara hati-hati dan perlahan, dengan memotong kuku kucing satu-persatu. Biasanya memotong kuku kaki belakang kucing akan sedikit lebih sulit dibandingkan kuku pada kaki depannya. Karena kebanyakan kucing, tidak menyukai kaki belakangnya dipegang oleh manusia. Jadi Anda hsrus berhati-hati jangan sampai kucing merasa tidak nyaman.

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Merawat Kuku Kucing

1. Berapa Lama Kuku Kucing Dipotong?

Jangan terlalu sering, potong kuku kucing kalau sudah terasa runcing saja. Setidaknya, potong kuku kucing 2 minggu sekali.

2. Bagaimana Cara Memotong Kuku Kucing yang Galak?

Terkadang ada beberapa kucing yang tidak menyukai kukunya dipotong. Biasanya hal tersebut dikarenakan kucing tidak terbiasa dipotong kukunya. Jadi usahakan biasakan memotong kuku kucing sejak dini, yaitu sejak kucing masih anakan atau kitten. Dnegan begitu, kucing akan lebih mudah dipotong kukunya meskipun sudah dewasa sekalipun.

3. Bagaimana Jika Kucing Tidak Nyaman Ketika Kukunya Dipotong?

Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk membuat kucing lebih nyaman ketika kukunya digunting. Misalkan orang lain tersebut membantu memegang kucing. Atau bisa juga orang lain tersebut membantu mengelus bagian sensitif kucing yang bisa membuatnya nyaman sambil Anda memotong kukunya.

Baca Juga Cara Memandikan Kucing

Atau bisa juga dengan memberi jeda pemotongan. Misalkan hari ini Anda memotrong kuku pada kaki depan kucing. Nah hari berikutnya, Anda bisa melanjutkan untuk memotong kuku pada kaki belakang kucing. Hal tersebut untuk mengurangi resiko kucing menjadi marah. Karena dengan melakukannya secara perlahan-lahan, lama kelamaan kucing juga akan menjadi terbiasa untuk digunting kukunya.

Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan kucing tentang bagaimana cara memotong kuku kucing, mari simak videonya di bawah ini.

Bagaimana, apa setelah membaca artikel di atas Anda lebih memahami cara memotong kuku kucing yang benar? Yang jelas jika sudah terbiasa, memotong kuku kucing sendiri bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Terima kasih sudah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi.

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.