Tips Perawatan: Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar

Cara Membersihkan Telinga Kucing – Meskipun kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang terkenal bersih dan rajin membersihkan dirinya sendiri, namun adakalanya pemilik harus membantu untuk membersihkan kucing. Salah satunya adalah bagian telinga, dimana pada bagian dalam telinga kucing ini, memang harus rutin dibersihkan agar kesehatan telinga kucing selalu terjaga.

Telinga kucing yang kotor, seperti terdapat kotoran hitam di dalam kucing, memang harus secepatnya dibersihkan. Karena bisa saja telinga kucing yang kotor dan terlalu lama didiamkan, dapat menyebabkan infeksi telinga pada kucing. Meskipun telinga atau kuping yang sakit tidak akan menimbulkan rasa sakit berlebih pada kucing, namun efek yang ditimbulkannya bisa fatal dan bisa menyebabkan gatal yang luar biasa, sehingga kucing terus menggaruk telinga dan menyebabkan bagian yang digaruk menjadi luka.

Oleh karena itu membersihkan telinga kucing sangatlah penting dilakukan oleh para pemilik kucing. Sehingga pada kesempatan ini perawatan kucing akan mencoba menyajikan tips dan cara membersihkan telinga kucing yang baik dna benar.

Dampak yang Ditimbulkan Jika Jarang Membersihkan Telinga Kucing

Sebelum membahas mengenai cara membersihkan telinga kucing, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa dampak yang bisa ditimbulkan jika jarang membersihkan telinga kucing. Telinga kucing yang kotor dan didiamakan saja, bisa berakibat terjadinya infeksi bakteri pada telinga. Selain itu beberapa penyakit lainnya yang bisa menyerang telinga kucing adalah kanker, ear mites, alergi, infeksi jamur, dan juga pendengaran yang terganggu dikarenakan cerumen yang menumpuk.

Tentu Anda tidak menginginkan kucing kesayangan Anda sampai menderita salah satu penyakit di atas pada telinganya kan. Jika iya, segera bersihkan telinga kucing Anda dengan benar. Sehingga telinga dijauhkan dari berbagai penyakit yang bisa berakibat fatal pada kucing.

Rutin Periksa Kesehatan Telinga Kucing

Periksa kesehatan telinga kucing juga menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Jika dirasa ada yang aneh dengan telinga kucing, sebaiknya segera lakukan tindakan yang tepat. Jika kucing mengalami masalah dalam telinganya, pasti Anda akan menemukan beberapa keanehan. Diantaranya adalah ada darah pada telinga, tercium bau busuk dari dalam telinga. kucing lebih sering menggaruk dan menggelengkan kepala, serta adanya warna kemerahan di telinga yang bisa saja disebabkan peradangan pada telinga kucing.

Jadi jika Anda menemukan beberapa keanehan pada telinga atau kuping kucing, segeralah lakukan tindakan atau bawa kucing Anda ke dokter hewan sebelum penyakit di telinga menjadi lebih parah.

Cara Membersihkan Telinga Kucing

Selanjutnya adalah topik utama, yaitu cara membersihkan telinga atau kuping kucing. Nah berikut ini akan disajikan langkah demi langkah membersihkan kotoran di telinga kucing.

1. Pastikan Mood Kucing Sedang Bagus

Sebelum membersihkan kucing, sebaiknya lihat dulu bagaimana mood kucing Anda saat ini. Pastikan kucing tidak dalam keadaan stres. Karena bisa saja kucing memberontak dan balik menyerang Anda jika kucing sedang dalam mood yang tidak baik.

Cara Membersihkan Telinga KucingCara Membersihkan Telinga Kucing

Ada beberapa kucing yang tidak terlalu menyukai telinganya dibersihkan. Hal tersebut bisa saja dikarenakan kucing tidak terbiasa telinganya dibersihkan. Jadi jika kucing Anda masih kitten, sebaiknya rutin bersihkan telinganya sehingga dia akan terbiasa dibersihkan telinganya hingga besar nanti.

2. Mulai Bersihkan Telinga Kucing

Lanjut ke langkah yang paling penting, yaitu membersihkan telinga kucing. Siapkan cotton bud, tisu dan juga kapas. Pertama bersihan bagian dalam kucing menggunakan catton bud. Pastikan Anda berhati-hati ketika membersihkannya, karena bagian dalam telinga kucing cukup sensitif. Selain itu, pastikan untuk tidak memasukan cotton bud terlalu dalam ke telinga.

Cara Membersihkan Telinga Kuicng dengan Cotton Bud

Cara Membersihkan Telinga Kuicng dengan Cotton Bud

Ketika bagian dalam telinga sudah dipastikan bersih. Selanjutnya adalah membersihkan permukaan telinga menggunakan kapas yang sudah disediakan. Usap permukaan telinga menggunakan kapas atau tisu secara perlahan.

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Kapas

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Kapas

3. Berikan Obat Tetes Pembersih Telinga Kucing

Cara ini sering disebut juga sebagai irigasi. Yaitu memberikan obat tetes telinga atau cairan yang berguna untuk membersihkan dan menghancurkan kotoran yang ada di dalam telinga. Selain itu, obat tetes telinga juga berguna untuk membunuh bakteri ataupun kutu yang bersemayam di dalam telinga.

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Obat Tetes

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Obat Tetes

Teteskan obat tetes telinga secara bergantian ke masing-misng telinga kucing. Dan pastikan Anda meneteskan obat tersebut sesuai dengan dosis yang tertulis pada obat tetes telinga yang Anda gunakan.

4. Puji Kucing Anda

Jika sudah selesai membersihkan telinga, sebaiknya puji kucing Anda dan berikan usapan kasih sayang pada kucing. Hal ini bertujuan agar kucing lebih rileks dan tidak takut lagi jika ingin dibersihkan telinganya suatu saat nanti.

Cara Membersihkan Telinga Kucing

Berapa Kali Telinga Kucing Dibersihkan?

Membersihkan telinga kucing memang harus rutin dilakukan. Karena bagian telinga memang cenderung lebih cepat kotor. Lakukan minimal 1 minggu sekali. Bahkan ada juga yang rutin membersihkan telinga 3 hari sekali. Karena dengan rutin membersihkan telinga kucing, akan ada banyak manfaat yang didapatkan pada kesehatah kucing.

Perawatan Kucing Lainnya

Demikian adalah informasi singkat mengenai cara membersihkan telinga kucing yang benar. Semoga bisa bermanfaat dan kucing Anda pun menjadi lebih sehat. Jika Anda menyukai artikel ini, bagikan ke teman-teman Anda sekarang juga.

Kata Kunci: membersihkan telinga kucing dengan minyak ikan

Komentar Anda Mengenai "Tips Perawatan: Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *