Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar – Memelihara kucing di dalam rumah, memang menuntut pemiliknya untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan kucing. Meskipun dikenal sebagai hewan yang gemar membersihkan diri dengan cara menjilati bulu-bulu mereka, namun alangkah baiknya sang pemilik tetap memandikan kucing sehingga terbebas dari bakteri dan kotoran penyebab penyakit. Cara memandikan kucing pun ada caranya, tidak asal dimandikan saja. Karena jika asal dimandikan, bisa jadi malah membuat kucing stress atau bahkan sakit karena kedingingan.

Pentingnya memandikan kucing perliharaan, memang tidak hanya untuk membuat kucing terlihat lebih bersih. Tapi memandikan kucing juga bertujuan untuk menjauhkan kucing dari bakteri dan parasit yang hidup dikulit dan bulu kucing. Contohnya adalah jamur dan kutu kucing. Namun tentu memandikan kucing bukan perkara yang mudah. Karena karakter kucing yang kebanyakan takut air, akan membuat kucing terkadang menyerang pemiliknya sendiri ketika dimandikan, seperti mencakar atau juga menggigit.

Cara Memandikan Kucing Sendiri

Oleh karena itu pada kesempatan ini, blog perawatan kucing akan memberikan tips dan trik cara memandikan kucing yang baik dan benar, baik itu cara memandikan kucing persia, kucing anggora, atau kucing kampung. Tentu jika Anda mengikuti cara berikut, resiko kucing strees dan terkena cakaran atau gigitan kucing semakin kecil.

1. Persiapkan peralatan untuk mandi

Tidak hanya manusia, kucing juga membutuhkan peralatan mandi, diantaranya:

  • Shampo kucing
  • Air hangat
  • Handuk / kanebo
  • Cottonbuds
  • Gunting kuku
  • Hair dryer / blower
  • Ember atau apapun yang menjadi tempat ketika kucing sedang dimandikan.

2. Potong kuku kucing sebelum dimandikan

Cara Memandikan Kucing

Potong Kuku Kucing

Terkadang kucing yang jinak sekalipun bisa beruhan menjadi galak dan ekstrem ketika sedang dimandikan. Tentu perubahan sifat kucing ini sangat beresiko si pemilik terkenca cakaran ketika sedang memandikan. Oleh karena itu untuk mengantisipasinya, bisa dengan memotong kuku kucing menggunakan gunting kuku terlebih dahulu. Namun ingat, jangan potong kuku kucing terlalu dalam, dan usahakan potong sedikit untuk membuat kuku menjadi tumpul saja. Karena jika kuku dipotong terlalu dalam, bisa membuat kucing merasakan sakit. Baca cara memotong kuku kucing

3. Basahi tubuh kucing dengan air hangat

Cara Memandikan Kucing

Basahi Tubuh Kucing dengan Air Hangat

Selanjutnya adalah proses pertama dalam memandikan kucing, yaitu membasahi semua tubuh kucing menggunakan air hangat. Untuk membuat kucing menjadi tenang ketika terkena air, Anda bisa memegang tengkuknya ketika kucing sedang dimandikan.

4. Gunakan shampo kucing

Cara Memandikan Kucing

Gunakan Shampo Kucing

Setelah tubuh kucing basah, lanjutkan dengan memberikan shampo kucing secara menyeluruh ke tubuh kucing. Lakukan secara perlahan mulai dari bagian leher, hingga bagian buntut dari kucing. Hindari menggunakan shampo untuk bagian kepala dan wajah kucing, karena bisa berakibat fatal. Selain itu, usahakan gunakan shampo khusus kucing ketika memandikan kucing. Karena kebiasaan kucing menjilati bulunya setelah mandi, bisa berakibat fatal jika shampo yang digunakan mengandung bahan kimia yang bisa membuat kucing keracunan.

5. Bilas menggunakan air hangat

Cara Memandikan Kucing

Bilas Kucing

Setelah shampo sudah diolesi ke tubuh kucing, selanjutnya adalah bilas kucing menggunakan air hangat. Pastikan tidak ada sisa shampo yang tertinggal ditubuh kucing ketika membilas.

6. Keringkan kucing

Cara Memandikan Kucing

Keringkan Kucing dengan Hair Dryer

Setelah selesai, selanjutnya keringkan kucing menggunakan handuk atau kanebo yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan hair dryer atau blower untuk mengeringkan kucing. Namun perhatikan juga karakteristik dari kucing Anda. Jika kucing tidak menyukai dikeringkan menggunakan hair dryer atau blower, Anda bisa menjemur kucing di terik matahari tanpa hair dryer agar kucing kering dengan maksimal. Namun, pastikan ketika dijemur kucing ada di dalam kandang ya.

7. Bersihkan telinga dan telapak kaki kucing

Cara Memandikan Kucing

Kucing DIbersihkan Telinga

Langkah terakhir ketika kucing selesai dimandikan, adalah dengan membersihkan telinga dan telapak kaki kucing menggunakan Cottonbuds yang sudah dipersiapkan. Namun ketika membersihkan bagian ini, pastikan Anda berhati-hati sehingga tidak membahayakan kucing kesayangan Anda. Baca cara membersihkan telinga kucing

FYI : Hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum memandikan kucing, diantaranya adalah waktu kucing untuk mandi. Memandikan kucing bisa dilakukan selama 3 hari sekali atau 7 hari sekali. Dan untuk waktunya, usahakan jangan memandikan kucing di malam hari atau ketika cuaca sedang hujan. Karena mandi ketika suhu udara yang dingin, bisa berakibat kucing menjadi sakit.

Setelah membaca cara memandikan kucing yang baik dan benar di atas, dapat disimpulkan kalau sebenarnya memandikan kucing tidaklah serumit yang dipikirkan kebanyakan orang. Jika sudah terbiasa, memandikan kucing pun tergolong cukuo mudah.

Baca Juga Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobatinya

Demikian adalah informasi mengenai tips dan langkah cara memandikan kucing, semoga bermanfaat.

Kata Kunci: cara memandikan kucing anggora yg tidak jinak

Komentar Anda Mengenai "Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *