Cara Memandikan Kucing Kampung / Lokal Yang Takut Air

Cara Memandikan Kucing

Umumnya kucing lokal sangat sulit dimandikan karena sudah menjadi rahasia umum jika kucing tersebut secara alami sangat takut dengan air.

Namun bagi kucing yang sudah terlatih dan terbiasa dimandikan bisa saja ketakutan kucing dan susahnya memandikan kucing bisa dihilangkan.

Nah bagi anda yang sangat menyukai kucing dan baru berkeinginan untuk memandikan kucingnya, maka mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan jawaban tentang bagaimana cara yang tepat memandikan kucing yang berontank saat dimandikan agar tidak membahayakan kita dan kucing itu sendiri.

Persiapan Yang Diperlukan;

Sebelum acara memandikan kucing dimulai pastikan semua peralatan untuk memandikan telah dipersiapkan dengan baik.

Kucing yang panik dan berontak saat diguyur air akan berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan diri dan keluar dari ember air.

Jangan sampai saat proses memandikan kita masih direpotkan dengan mengambil peralatan yang sebelumnya terlupa.

Karena kucing akan memiliki peluang melepaskan diri dan membuat acara memandikan kucing jadi berantakan.

Peralatan yang perlu dipersiapkan tersebut diantaranya adalah;

1.Ember ukuran sedang atau bisa juga menggunakan tempat mandi yang biasa digunakan untuk memandikan bayi.

2.Air hangat secukupnya yang disiapkan di tempat memandikan kucing.

3.Sampoo khusus untuk kucing

4.Cotton bud dan baby oil untuk membersihkan telinga

5.Karet tatakan atau keset kaki yang bersih yang ditempatkan di dasar ember air agar kucing tidak rergelincir saat dimandikan.

6.Sarung tangan karet

7.Handuk yang cukup besar untuk membungkus dan mengeringkan kucing setelah mandi

Sebelum kucing dimandikan sebaiknya potong terlebih dahulu kuku kucing agar terjaga kebersihanya serta menghindari kucing yang mencakar saat dimandikan melukai kita yang memandikanya.

Jika mengalami kesulitan saat memotong kuku kucing coba minta bantuan orang lain agar ada orang yang menjaga pergerakan kucing saat kukunya dipotong.

Mandikan kucing saat keadaan kucing sedang tenang dan tidak sedang kelaparan atau kondisi tidak umum lainya.

Pastikan kucing dalam keadaan sehat saat kucing ingin dimandikan.

Pegang kucing dengan lembut dan usahakan jangan mengambil kucing dengan menakuti atau mengejar kucing sehingga emosinya tidak stabil.

Jika kucing benar-benar sulit dimandikan dan terus berontak saat dimandikan sebaiknya minta bantuan orang lain yang juga sudah kenal baik dengan kucing tersebut untuk memegang kucing daat berada di ember atau tempat mandi kucing tersebut.

Langkah-Langkah Memandikan Kucing

Kenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari kuku atau gigitan kucing saat sedang dimandikan.

Pegang dengan lembut kucing tersebut dan bawa untuk di tempatkan di bak atau ember air yang telah diisi air hangat.

Jika kucing berontak cobalah untuk memegang dengan kuat namun diselingi dengan membelainya lembut agar kucing tidak semakin panik.Tutup pintu sekitar tempat mandi agar kita mudah menangkap kembali jika kucing melepaskan diri saat sedang dimandikan.Basahi kucing dengan gayung atau bisa juga dengan semprotan air hangat yang tidak terlalu deras hingga bulu kucing basah sepenuhnya.

Usapkan sampo khusus kucing dengan lembut merata dari punggung, perut ekor hingga bagian kaki kucing

Pastikan sampo yang digunakan adalah sampo khusus untu kucing, sampo yang umumnya dipakai untuk manusia memiliki komposisi kandungan yang berbeda dan tidak dianjurkan digunakan untuk memandikan kucing.

Jika anda kesulitan mencari sampo kucing di daerah anda maka anda bisa membeli sampo ini di toko-toko online.

Usap dan pijat dengan lembut hingga sampo berbusa sementara tenaga bantuan tetap memegang kucing agar tetap berada ditempatnya.

Sekali lagi buat senyaman mungkin supaya kucing akan merasa nyaman dan jangan membuat kucing semakin panik saat sedang dimandikan seperti dengan mencengkram kuat-kuat atau menidurkan paksa yang membuat kucing akan ketakutan.

Hindari menyampo bagian muka dan bagian lubang telinga kucing.

Usap atau gosok dengan lembut dan hati-hati bagian muka dengan tangan tanpa sabun.

Setelah dirasa cukup bilas dengan air hangat menggunakan air hangat yang bersih yang telah disediakan di mulai dari bagian muka hingga kebagian belakang dan kaki-kaki kucing tersebut.

Saat membilas sampo yang menempel pastikan agar air sampo tidak mengalir ke muka apalagi matanya dan lobang telinga kucing.

Usap dengan lembut searah pertumbuhan bulu kucing saat menyiram pembilasan untuk lebih cepat menghilangkan busa yang masih menempel.

Pastikan busa sampo benar-benar tersapu air, sisa sabun dapat membuat kucing tidak nyaman karena bulu-bulunya menjadi lengket dan bisa menyisakan permasalahan lain seperti jamur dan lainya.

Setelah kucing benar-benar bersih sekarang saatnya untuk mengeringkan kucing.

Usap berulang – ulang dengan lembut searah dengan arah pertumbuhan bulu untuk menyingkirkan air dari bulu kucing yang basah kuyup.

Setelah semua proses selesai selanjutnya gunakan handuk lembut yang telah disediakan sebelumnya.

Balut kucing dengan erat namun jangan terlalu kencang, agar kucing tetap nyaman dan bisa bernafas dengan baik.

Membalut kucing dengan handuk
Membalut kucing dengan handuk

Biarkan kucing terbalut dengan handuk beberapa saat untuk menghilangkan air sebanyak mungkin.

Tempatkan kucing di tempat yang hangat dan kering dan bersih hindari penggunaan kipas angin untuk tujuan pengeringan akhir.

Jika ingin menggunakan hair dryer maka gunakanlah setelan suhu rendah agar panas yang dikeluarkan masih aman tanpa merusak bulu kucing apalagi hingga membakar bulunya.

Setelah semua proses selesai kita bisa melanjutkan dengan membersihkan daun telinga bagian dalam yang sering kotor. Gunakan cotton bud dan minyak baby oil untuk mengangkat kotoran yang menempel di sela – sela bagian dalam teinganya.

Berikan parfum segar pada tubuh kucing seperlunya untuk membuat “si lucu” makin menggemaskan.

Kesimpulan;

  • Sebenarnya kucing secara alami memiiki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati bagian tubuhya yang bisa dijangkau.
  • Jika kucing kesayangan selalu panik saat dimandikan dan sangat meropotkan sebaiknya mandikan kucing jika diperlukan saja.
  • Dalam keseharian kita bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan area kaki dan daerah lain yang sering kotor dan memandikan kucing kembali jika dirasa memang perlu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *