Perawatan Kucing

Ini Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet Agar Terbiasa

Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet – Salah satu yang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk memelihara kucing di dalam rumah, adalah kucing yang seringkali sembarangan ketika buang air, baik itu buang air besar (BAB) maupun buang air kecil. Tentu jika kucing sudah buang air sembarangan di dalam rumah, akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam rumah.

Padahal perlu diketahui, kucing bisa dilatih untuk buang air tidak sembarangan lagi. Namun dibutuhkan kesabaran yang cukup ekstra untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan.

Ada dua cara untuk membuat kucing tidak sembarangan, yaitu dengan melatih kucing buang air di toilet, atau juga melatih kucing buang air di bak pasir. Namun pada kesempatan ini perawatan kucing hanya akan memberikan tips cara melatih kucing buang air di toilet, sehingga kucing akan terbiasa untuk pup dan pip di toilet.

Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet

Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet

Kita ketahui, ada beberapa kelebihan kucing buang air di toilet dibandingkan di bak pasir. Salah satunya adalah bau kotoran kucing tidak akan tercium terlalu menyengat, karena kotoran terdapat di kamar mandi. Selain itu tentu akan mengurangi pekerjaan Anda dalam membersihkan kotoran. Karena Anda hanya tinggal menyiramnya dengan air. Berbeda dengan menggunakan bak pasir, dimana Anda harus mengeruk kotoran yang ada di dalam pasir terlebih dahulu sebelum membuangnya.

Nah oleh karena itu, berikut ini adalah cara melatih kucing agar tidak buang air sembarangan dan buang air-nya pun di toilet. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet

1. Biasakan Kucing di Bak Pasir

Sebelumnya pastikan kucing Anda sudah terlatih untuk buang air di bak pasir. Untuk melatihnya, Anda bisa menaruh kucing di dalam kandang dan meletkan bak pasir di dalam kandang hingga kucing Anda terbiasa untuk buang air di dalam bak pasir.

Kucing Buang Air di Bak Pasir

Biasakan Kucing Buang Air di Bak Pasir

2. Pindah Bak Pasir di Toilet

Setelah itu, pindahkan bak pasir di dekat toilet. Atau bisa juga di dalam toilet. Hal ini bertujuan agar kucing beradaptasi dengan lingkunan dan bau dari toilet.

3. Naikan Bak Pasir Secara Perlahan

Setelah kucing sudah teratur untuk buang air di bak pasir dekat toilet, Anda bisa secara berskala menaikan tinggi dari bak pasir. Untuk menaikannya bisa menggunakan kursi bekas, tumpukan buku atau kardus bekas. Lakukan setiap hari secara perlahan-lahan hingga ketinggiannya sejajar dengan toilet Anda. Hal ini bertujuan agar kucing terbiasa untuk buang air di tempat yang tinggi.

4. Pindah Bak Pasir ke Atas Toilet

Setelah langkah ketiga selesai, pindahkan bak pasir di atas toilet Anda. Untuk pertama kali, letakan bak pasir hanya setengah saja di atas toilet. Yaitu setengah di toilet dan setengah lagi di kursi atau tumpukan buku. TUnggu hingga kucing benar-benar nyaman, setelah itu, pindahkan bak pasir di atas toilet secara menyeluruh.

5. Ganti Bak Pasir dengan Bak Latihan

Jika kucing sudah terbiasa buang air bak pasir yang ditempatkan di atas toilet, selanjutnya yaitu menukar bak pasir tersebut dengan bak latihan (bisa dibeli di toko online). Bak latihan ini tidaklah berlubang, sehingga Anda harus mengisinya dengan pasir. Pastikan untuk selalu membersihkan kotoran kucing setelah digunakan.

Kucing Buang Air di Toilet

Kucing Buang Air di Toilet

6. Lepas Bak Latihan Satu Persatu

Setelah itu lepas pinggiran ak latihan tersebut satu persatu selama beberapa hari hingga seluruh pinggirannya tidak ada. Melepasna secara satu persatu, bertujuan agar kucing diberikan waktu untuk beradaptasi dengan bau air toilet.

Baca Juga Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar

7. Siram Kotoran di Dalam Toilet

Terakhir, pastikan Anda selalu menyiram kotoran kucing di dalam toilet ketika sudah selesai digunakan. Karena beberapa kucing tidak ingin buang air di atas kotorannya sendiri.

Agar Kucing Tidak Lagi Buang Air Sembarangan

Perlu diketahui, menggunakan toilet yang tinggi memang kurang begitu efektif untuk kucing yang masih kecil (kitten). Karena terkadang, mereka akan kesulitan untuk buang air di atas toilet yang tinggi. Berbeda dengan kucing dewasa, yang mungkin akan lebih mudah untuk diajarkan. Jadi untuk pencegahan, jika kucing Anda kesulitan untuk diajarkan buang air di toilet. Sebaiknya selalu siapkan bak pasir di tempat biasa kucing tersebut buang air. Jangan sampai akibat kucing tidak mau buang kotorannya di toilet, kucing jadi mencari tempat lain dan akhirnya kotoran pun dibuang sembarangan.

Kuncinya Jika ingin sukses untuk melatih kucing buang air di toilet adalah kesabaran. Karena terkadang ada kucing yang sulit untuk diajarkan pup dan pip di toilet, dan terus bandel untuk buang air sembarangan di dalam rumah. Terlebih lagi jika Anda merupakan orang yang sibuk beraktifitas dan kurang waktu untuk memantau kucing Anda. Menggunakan bak pasir menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak memliki waktu banyak tersebut.

Baca Juga Cara Membuat Kucing Gemuk dan Bulu Lebat

Itu tadi merupakan pembahasan mengenai cara melatih kucing buang air di toilet. Semoga bisa membantu Anda untuk mengajarkan kucing Anda agar tidak buang air sembarangan lagi. Terima kasih, dan sampai jumpa.

Term: Buang air di toilet,agar kucing tidak buang air besar sembarangan,cara melatih agar kucing pup di kamar mandi,cara melatih kucing agar buang air besar dan kecil di toilet,cara melatih kucing agar pup di kamar mandi,cara melatih kucing buang air di toilet,foto kucing berak di wc,melatih kucing buang air besar di toilet

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.