Fakta Kucing

15 Arti Tanda Gerakan Tubuh & Ekor Kucing yang Harus Anda Tau

Arti Tanda Gerakan Tubuh & Ekor Kucing – Kucing merupakan hewan peliharaan yang paling diminati di Indonesia. Tidak sedikit juga pecinta kucing yang menganggap kucing perliharannya di rumah sebagai salah satu anggota keluarganya sendiri. Oleh karena itu, pemilik kucing akan mencoba untuk memahami kucing kesayangannya tersebut meskipun tidak mampu berkomunikasi dengan bagaimana semestinya.

Kucing memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi, baik itu dengan sesama kucing atau juga pemiliknya. Komunikasi tersbeut bisa dilakukan kucing melalui bau, suara, hingga gerakan tubuh dan juga ekornya. Meskipun gerakan tubuh kucing sulit untuk dimengerti, namun sudah banyak penelitian yang dilakukan para peicnta kucing di seluruh dunia untuk memahami arti dan tanda dari gerakan tubuh dan ekor kucing, yang sudah semakin dekat dengan kebenaran.

Arti Tanda Gerakan Tubuh & Ekor Kucing

Arti Tanda Gerakan Tubuh & Ekor Kucing

Meskipun 100% manusia tidak akan langsung mengerti apa yang dimaksud dari gerakan tubuh dan ekor kucing tersebut, namun setidaknya pemilik kucing akan lebih mudah mengetahui suasana hati dari kucing melalui terjemahan gerakan yang dilakukannya. Oleh karena itu dikesempatan ini, perawatan kucing akan mencoba memberikan informasi mengenai arti tanda gerakan tubuh dan ekor kucing.

Tanda Gerakan Ekor Kucing

1. Ekor Turun dengan Bulu Mengembang

Posisi ekor yang menurun namun bulunya mengembang, menandakan kucing Anda sedang takut akan sesuatu.

2. Ekor Terangkat Ke Atas

Ekor yang terangkat ke atas dan lurus, menandakan kucing itu sedang bahagia. Terutama ketika di dekat Anda.

3. Ekor Diletakan ke Lantai Sambil Duduk

Jika posisi kucing sedang duduk sambil ekornya diletakan di lantai, menandakan suasana hati kucing sedang tidak baik. Namun itu tidak berarti pada beberapa jenis kucing. Seperti kucing persia, yang memang cenderung ekornya seperti itu ketika duduk.

4. Ekor Terangat Ke Atas dengan Ujung yang Dilekuk

Posisi ekor seperti ini menandakan kucing sedang dalam suasana hati senang, dan siap bermain dengan Anda.

5. Ekor Lurus Ke Belakang dengan Ujung yang Dilekuk

Tanda ekor kucing ini, berarti kucing sedang dalam mood yang bagus. Dan tertarik akan sesuatu.

6. Ekor Terangkat Ke Atas dengan Bulu di Ekor yang Sedikit Mengembang

Ekor mengangkat dnegan bulu di ekor yang sedikit mengembang, menandakan kucing sedang takut dan tidak menyukai apa yang sedang menghampirinya.

Baca Juga Cara Melatih Kucing Buang Air di Toilet

7. Ekor Dikibaskan ke Samping

Ketika kucing Anda mengibaskan ekornya ke kiri dan kanan, itu menandakan kucing sedang sokus akan sesuatu dan merasa ia sedang dicintai. Biasanya tanda ekor kucing seperti ini, dilakukan ketika kucing sedang ingin diberi makan.

8. Ekor Turun dan Masuk Ke Dalam Tubuh

Posisi ekor kucing ini, berarti kucing sedang merasa khawatir dengan sesuatu yang sedang berada di dekatnya.

9. Ekor Terangkat Ke Atas dengan Tubuh dan Bulu yang Sangat Mengembang

Ekor yang mengangkat ke atas dengan tubuh dan juga bulu yang mengembang, bertanda kalau kucing sedang marah. Jika kucing Anda melakukan hal ini, sebaiknya Anda waspada ketika ingin mendekatinya.

Tanda Gerakan Ekor Kucing

Tanda Gerakan Ekor Kucing

Selain gerakan atau tanda ekor kucing yang mencerminkan suasana hati kucing. Ternyata kucing juga punya cara untuk berkomunikasi dengan cara gerakan tubuhnya. Yuk simak tanda gerakan tubuh kucing berikut ini.

Tanda Gerakan Tubuh Kucing

1. Berbaring dengan Mata Fokus ke Arah Tertentu

Posisi kucing yang sedang berbaring sambil menatap suatu objek baik itu manusia atau hewan lainnya, menandakan kalu kucing sedang waspada terhadap apa yang sedang ditatapnya. Dengan posisi tubuh ini, dimaksudkan agar kucing lebih mudah mengusirnya menggunakan kakinya.

2. Duduk / Berbaring Sambil Mengedipkan Mata

Posisi kucing ketika duduk atau berbaring di lantai, sambil sesekali mengedipkan mata, bertanda kucing tersebut sedang nyaman dengan posisinya. Terlebih lagi jika Anda mengelus salah satu bagian tubuh kucing yang paling disukainya.

3. Telinga Menghadap Ke Belakang dengan Pupil Mata Mengecil

Telinga yang awalnya menghadap ke depan lalu diputarkan ke belakang sambil mengecilkan pupil mata, pertanda kalau kucing sedang tidak nyaman atau tidak menyukai Anda. Gerakan tubuh kucing ini, juga bisa menandakan kalau kucing sedang dalam posisi waspada, dan siap menyerang kapan saja jika disentuh.

4. Menggosokan Tubuhnya ke Tangan atau Kaki Manusia

Gerakan tubuh kucing dimana kucing menggosokan tubuhnya ke kaki atau tangan manusia, memang menjadi gerekan yang paling disukai oleh kebanyakan pemilik kucing. Jika kucing Anda melakukan hal ini kepada Anda, berarti kucing Anda merasa sangat bahagia berada di dekat Anda, dan merasa kalau Anda adalah miliknya.

Tanda Gerakan Kucing Mengelus Manusia

Tanda Gerakan Kucing Mengelus Manusia

5. Mencakar-cakar Benda

Gerakan kucing lainnya dimana kucing mencakar-cakar suatu benda, baik itu karpet atau apapun. Itu bukan berarti kucing sedang mengasah kukunya ya. Bisa jadi, kucing sedang meandakan sesuatu sebagai miliknya. Dan tidak ingin kucing lain mendekati benda tersebut.

Baca Juga Cara Menjinakan Kucing Liar yang Galak dan Penakut

6. Berguling-guling di Lantai

Jika kucing Anda berguling-guling di lantai ketika sedang berada di dekat Anda, itu menandakan kalau kucing sedang ingin mengajak Anda bermain. Biasanya kucing yang mengeluarkan gerak-gerik seperti ini di depan pemiliknya, berarti kucing tersebut sudah sangat percaya kepada pemiliknya. Lain hal jika kucing berguling-guling di depan kucing lain. Bisa jadi itu cara kucing untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Tanda Gerakan Kucing Berguling

Tanda Gerakan Kucing Berguling

Demikian adalah arti gerakan tubuh  kucing dan tanda ekor kucing yang harus Anda tau. Semoga bisa menjadi referensi dan cara mengetahui perasaan hati kucing beserta suasana hati kucing melalui isyarat dari tubuh dan ekornya.

Term: tanda ekor kucing,arti gerakan kucing,arti tanda gerak ekor kucing,tanda ekor kuxing,tanda yang dikeluarkan ekor kucing

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.